Bagaimana Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Kode Imei

SERBARENA | Melacak HP Android menggunakan Imei saat ini kerap dilakukan oleh pemilik HP Android yang hilang dan memahami bagaimana melacaknya. Namun bagi kalian yang pasrah ketika kehilangan HP, maka salah besar untuk Anda. Lacaklah HP Anda menggunakan Imei yang ada.

SERBARENA | Melacak HP Android menggunakan Imei saat ini kerap dilakukan oleh pemilik HP Android yang hilang dan memahami bagaimana melacaknya. Namun bagi kalian yang pasrah ketika kehilangan HP, maka salah besar untuk Anda. Lacaklah HP Anda menggunakan Imei yang ada.

Berdasarkan Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT bahwa International Mobile Equipment Identity atau disebut IMEI didefiniskan sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.
Bagaimana Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Kode Imei
Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Kode Imei


Kode Imei berada pada setiap slot kartu SIM yang ada di setiap HP. Maka jika kalian memiliki HP yang terdiri dari 2 slot SIM akan memiliki 2 jenis Imei yang berbeda. Kode Imei bersifat unik sehingga semua kode dalam merk apapun maupun di manapun tidak ada yang sama. Meskipun produk HP sedunia pun tidak ada yang sama. Nomor IMEI terdiri dari 15 hingga 16 digit di mana salah satu nomor serinya berisi informasi tipe HP.

Adanya kode ini, owner atau pembuat HP Android ini memiliki beberapa data pada saat digunakan oleh pembeli. Sehingga jika kalian ingin melacak HP tersebut yang hilang maka beberapa data yang tersedia cukup mewakili untuk menemukan HP kalian hilang.

Cara Cek Nomor IMEI di HP Android

Setiap vendor atau pembuat HP Android selalu menempelkan selembar  nomor berisi IMEI di bodi belakang ponsel. Demi alasan keamanan, pindahkan stiker tersebut ke kardus ponsel bagian dalam agar stiker berisi nomor IMEI tidak pudar jika ponsel digunakan sehari-hari.

Jika tidak menempel di bodi ponsel, IMEI bisa ditemukan di kardus ponsel bagian luar, biasanya dekat dengan informasi tipe dan warna ponsel.

Jangan khawatir jika kardus ponsel hilang, pengguna masih bisa mengecek nomor IMEI melalui ponsel.

Cara Cek Nomor IMEI di HP Android

Ada dua cara mengecek nomor IMEI di ponsel Android, yang pertama melalui Setting atau pengaturan dan yang kedua melalui keypad.

Cara cek IMEI melalui Setting atau Pengaturan HP bawaan. Pilih "About Phone" kemudian cari nomor IMEInya dan disitu adalah kode IMEI dari HP Android kalian. Bergantung pada merk ponsel, ada kalanya pengguna harus masuk ke sub-menu untuk mendapati nomor IMEI.

Cara  cek melalui keypad dapat dicek dengan mengetik *#06# dan tanpa ketuk tombol menelepon.

Cara Cek Status IMEI

Pemerintah / Kementrian Industri Indonesia telah menyediakan website untuk mengecek setiap HP android yang beredar. Namun jika kalian menggunakna HP ilegal atau blackmarket mungkin saja tidak terdeteksi di website tersebut. Buka DISINI untuk masuk ke websitenya dan cek menggunakan kode Imei yang kalian miliki.

Setelah kode Imei kalian terdeteksi maka silahkan ke tahap selanjutnya yaitu melacak HP Android kalian yang hilang. Sebenarnya hal ini tidak hanya untuk Android saja. IOS/Windows Phone maupun HP biasa pun sebenarnya juga bisa di lacak. Namun kali ini saya fokus untuk Android saja.

Cara yang lebih mudah bisa menggunakan fitur yang dimiliki Google sendiri yaitu "Google Find My Device". Silahkan dicoba dulu sebelum melakukan cara melacak menggunakan kode Imei.

Cara Melacak HP Android yang hilang dengan  Google Find My Device

  1. Buka Google di browser Anda kemudian login menggunakan akun Google yang hilang (bisa dari HP ataupun laptop). Jika kalian tidak masuk dengan Gmail yang terpasang di HP yang hilang maka pelacakan tidak dapat dilanjutkan.
  2. Cari dengan keyword "Find my device" di kolom pencarian google kemudian silahkan tekan enter.
  3. Google akan menampilkan box berisi informasi lokasi HP terkini beserta tindakan yang bisa dilakukan.
  4. Kalau anda memilih Ring, handphone anda akan berbunyi nada dering selama lima menit. Hal ini berguna bagi kalian yang lupa menaruh handphone.
  5. Kalau anda memilih Recover, penemu HP Anda akan diminta untuk memilih HP yang ingin dilacak. Kemudian disuruh login lagi.
  6. Setelah login lagi, akan ada beberapa pilihan antara lain  Lock your phone (kunci HP Anda yang hilang), Sign out on your phone (keluar akun dari HP Anda yang hilang), Consider erasing your device (pertimbangkan untuk menghapus perangkat Anda),  Try calling your phone (mencoba menelpon HP Anda yang hilang), dan Reach out to your carrier (jangkau menggunakna operator Anda). Hanya tiga metode pertama yang bisa dilakukan dengan fitur ini.
  7. Kalau anda memilih Lock your phone, HP anda yang hilang akan diminta mengisi kolom password, pesan, dan nomor yang dapat dihubungi. Ini bertujuan untuk mengirimkan informasi berupa pesan ke layar handphone yang hilang, dan mengunci handphone agar tidak bisa digunakan bagi si penemu HP.
  8. Kalau anda memilih Sign out on your phone, si penemu HP tidak akan bisa mengakses akun google anda lagi. Ini adalah tahap yang harus segera dilakukan agar akun google beserta data didalamnya tidak disalahgunakan. Kalau anda melakukan sign out, anda akan tetap bisa membuatnya berdering, melacak, mengunci, dan menghapus isi HP. 
  9. Kalau anda memilih Consider erasing your device, anda akan menghapus semua data yang anda miliki didalam HP sehingga data aman dari penyalahgunaan si pencuri atau penemu HP.
  10. Untuk melakukan hal ini, HP harus dalam keadaan online. Setelah dihapus data HP Anda melalui Find My Device. Find My Device tidak akan bisa lagi melacak, menderingkan, atau menguncinya lagi.

Saat ini anda sudah tidak perlu khawatir ataupun bingung akan kehilangan penjelasan Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur Google find my device untuk menemukan di mana titik lokasi banjir anda dan anda juga dapat menghubungi si penemu HP Anda yang hilang. 

semoga dengan adanya fitur ini anda terbantu dan dapat menemukan HP yang anda cari.

Bagaimana Cara Melacak HP Android menggunakan IMEI?

cara pertama yang dapat dilakukan adalah mendatangi service center operator kalian atau pusat layanan kartu SIM yang kalian gunakan. Melaporkan bahwa wa yang memiliki kode IMEI tersebut hilang. Sampaikan dan informasikan apa yang terkait aplikasi yang hilang. Unsur utama adalah berikan kodenya pada ada customernya.

Kemungkinan customer service meminta kalian untuk membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Untuk memudahkan permasalahan seperti itu maka belum kalian datang ke ke service center, silakan datanya dulu ke kepolisian. Mintalah surat keterangan HP hilang dan beritahu hal ini diminta oleh service center dari Operator seluler yang kalin gunakan.

Tenang saja, semua kantor polisi melayani pembuatan surat keterangan hilang tanpa dipungut biaya.

Operator bisa dengan akurat men-track lokasi handphone anda kalau handphone itu nyala dan ada kartu SIM didalamnya. Kartu SIM otomatis akan terhubung ke tower terdekat dan provider bisa melacak lokasinya.

Bagaimana jika si Penemu HP anda dengan sengaja mematikan hp-nya atau mengganti kartu SIM?
Caranya tetap melaporkan kepada provider kartu SIM Anda. Namun provider kartu SIM hanya dapat melacaknya terakhir kapan HP tersebut digunakan dimana.

Kesimpulan Cara Melacak HP Android menggunakan IMEI?

Simpan dan catat kode IMEI yang anda miliki baik slime dari kardus HPnya atau kode IMEI dari body belakang HP dan dan hasil dari menekan tombol *#06#. Hal ini bertujuan untuk mencatat atau melacak jika sewaktu-waktu nantinya HP anda hilang.

Bagaimana. Apakah kalian sudah menemukan pencerahan terkait masalah ini yaitu melacak HP Android menggunakan kode IMEI? Semoga dengan artikel yang bermanfaat ini kalian dapat menemukan hp Android yang hilang melalui kode IMEI Google Find My Device.

Jika kalian memiliki pertanyaan hubungi kami di kolom kontak bagian paling bawah. Tidak perlu sungkan-sungkan, langsung hubungi saja.

COMMENTS

Name

Android,10,Aplikasi Android,10,Blogger,4,Game Android,3,Review Android,4,Template Blog,4,Template Blogger,6,Tips Android,20,Tips Blogger,8,
ltr
item
SERBARENA: Bagaimana Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Kode Imei
Bagaimana Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Kode Imei
SERBARENA | Melacak HP Android menggunakan Imei saat ini kerap dilakukan oleh pemilik HP Android yang hilang dan memahami bagaimana melacaknya. Namun bagi kalian yang pasrah ketika kehilangan HP, maka salah besar untuk Anda. Lacaklah HP Anda menggunakan Imei yang ada.
https://1.bp.blogspot.com/-GWecpOWXrBQ/XZSqZwwh0YI/AAAAAAAAHDw/D6-rQvAkxXQ9O2cVGxnmg2i9CBTT47UfgCLcBGAsYHQ/s640/Lacak%2BImei.png
https://1.bp.blogspot.com/-GWecpOWXrBQ/XZSqZwwh0YI/AAAAAAAAHDw/D6-rQvAkxXQ9O2cVGxnmg2i9CBTT47UfgCLcBGAsYHQ/s72-c/Lacak%2BImei.png
SERBARENA
https://www.serbarena.com/2019/11/melacak-hp-android-dengan-imei.html
https://www.serbarena.com/
https://www.serbarena.com/
https://www.serbarena.com/2019/11/melacak-hp-android-dengan-imei.html
true
3467448558692998489
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy