Cara Menjaga Radiasi Layar HP untuk Kesehatan Mata dengan Baik

SERBARENA
- terlalu lama mata kita melihat layar HP membuat mata lebih cepat sakit. ditambah lagi dengan kecerahan layar yang terlalu besar juga mempercepat rasa sakit oleh mata. maka dari itu diperlukan untuk cara meminimalisir agar tidak cepat sakit mata kalian. 

Menjaga kesehatan mata memang harus diperhatikan. karena sekali kalian mengalami rasa sakit akibat layar hp maka akan selamanya mata kalian merasa sakit. Jika kalian ingin balik lagi semua normal maka dibutuhkan beberapa waktu agar cepat sembuh.

Atur Kecerahan Layar

Hal dasar yang harus kalian lakukan adalah tingkat kecerahan layar. sesuaikan kecerahan layar dengan cahaya lingkungan yang ada. Jangan terlalu terang juga jangan terlalu gelap. Ketika pada saat siang hari dan kalian berada di luar ruangan maka terangkan kecerahan layar HPnya. Begitu juga pada saat malam hari.

Belakangan ini hampir setiap smartphone menyediakan fitur kontras atau kecerahan layar secara otomatis. HP tersebut menyesuaikan misal ketika kalian berada pada luar ruangan di siang hari maka HP tersebut menyesuaikan juga dengan membesarkan kecerahan layar. Maka dari itu rekomendasi buatlah secara otomatis kecerahan layar tersebut. Namun jika kalian ingin manual pandai lah sesuai dengan cahaya yang ada.

Gunakan Smartphone Dalam Jarak yang Aman

Memberi jarak antara layar dengan mata memang perlu diperhatikan. Biasanya untuk anak kecil suka sekali melihat HP dengan jarak dekat. Padahal hal tersebut itu dilarang dan harus ditinggalkan. Maka dari itu sebagai orang yang mengerti maka ingatkan kepada siapapun yang menggunakan HP dengan cara sangat dekat.

Standar jarak antara mata dengan HP itu sesuai dengan aturan membaca buku. Kata-kata paling tidak atau lebih jauh dari 30 cm antara mata dengan HP. Tentunya juga disesuaikan dengan kecerahan layar agar bisa lebih seimbang.

Gunakan Pelindung Layar

pandangan oleh mata secara langsung ke layar hp memang terlihat jernih atau seakan-akan lebih sempurna. Makanya misal ketika kalian habis memasang tempered glass atau pelindung layar kemudian dilepas, suasana pandangan dapat berbeda secara signifikan yaitu lebih jernih.

Padahal rekomendasi yang perlu dilakukan adalah menggunakan pelindung layar. Bukan pelindung layar seperti tempered glass atau anti gores yang biasa. Bukan juga pelindung layar yang berfungsi untuk menahan goresan dari benda tajam.

Pelindung layar yang harus digunakan adalah pelindung yang memfasilitasi anti radiasi atau blue ray. Hal ini dapat mengurangi intensitas cahaya panas yang dikeluarkan oleh HP terhadap mata. Adanya pelindung layar anti radiasi dapat membantu mata lebih terasa dingin dan tidak mudah cepat panas.

Gunakan Kacamata

Menggunakan kacamata dapat membantu bagi kalian yang mengalami gangguan mata seperti mata minus. Menggunakan HP dalam waktu singkat biasanya mata semacam ini cepat lelah atau mudah panas. maka alternatifnya adalah menggunakan kacamata bantuan.

Namun bagaimana jika mata kalian sehat apakah harus menggunakan kacamata juga?

Kacamata anti radiasi saat ini sudah bertebaran dimana-mana. Fungsinya sama yaitu seperti pelindung layar yang dilindungi oleh anti radiasi. cukup membantu juga sebagai pengganti pelindung layar. dengan hal ini kalian dapat menggunakan kacamata pada saat menggunakan HP. jika kalian tidak menggunakan HP kalian bisa melepaskan karena kacamata semacam ini tidak digunakan untuk orang sakit mata.

Jangan Mengucek Mata Secara Berlebihan

Mata sakit, panas, lelah atau semacamnya secara umum orang akan mengucek mata tersebut. Mengecek adalah ah biar buatan yang wajar. mengucek yang tidak wajar adalah orang yang terlalu berlebihan seperti terlalu menekan terhadap mata. Meskipun mengeceknya sederhana tapi keseringan hal tersebut juga tidak wajar.

Agar kalian dapat menjaga kesehatan mata maka gojek lah secara normal yaitu tidak terlalu menekan dan tidak sering juga bentuk mengucek mata.

Berkedip Sesering Mungkin

setiap mata selalu memiliki zat cair untuk sebagai pelumas mata. Mata yang tidak berkedip selama mungkin dapat mengurangi lemas mata yang ada di dalam mata. Maka dari itu setiap kalian melihat layar berkedip lah sewajar mungkin.

Bukan berarti kalian harus selalu berkedip setiap kecepatan yang ada namun berkedip secara wajar dan tidak menahan akan kedipan tersebut.

Batasi Penggunaan Smartphone

Kembali lagi dari beberapa poin yang ada di atas tentang kecerahan layar, jarak mata dengan HP, menggunakan pelindung layar dan lain-lainnya jika kalian terlalu lama menggunakan api maka semakin cepat untuk sakit. Batasi dari penglihatan kalian terhadap HP. Sebenarnya tidak hanya HP saja tapi seperti komputer, laptop, player yang ada di berbagai tempat jalan itu juga mempercepat untuk sakit mata.

Sebagai aturan dasar dalam 1 hari gunakan HP maksimal selama 3 jam saja. Selebihnya itu gunakan untuk beraktivitas seperti kerja, belajar, tidur maupun aktifitas lainnya selain melihat cahaya layar.

Sesering Mungkin Mengistirahatkan Mata

Dengan membatasi penggunaan HP maka secara otomatis kalian dapat mengistirahatkan mata dari pandangan cahaya yang dikeluarkan oleh layar. Semakin sering kalian mengistirahatkan mata maka semakin sehat mata kalian. Cintai mata kalian karena kalian hanya punya mata sekali untuk seumur hidup.

Sesekali Keluar Untuk Melihat Pemandangan

cari mengurangi penggunaan HP solusi lainnya adalah melihat pandangan cahaya luar secara bebas. yang dimaksud cahaya luar adalah melihat tumbuh-tumbuhan atau hijau-hijauan seperti pohon. Semakin sering kalian lihat pepohonan maka semakin sejuk bola mata kalian. Jadi ketika kalian sudah lama menggunakan HP ak beristirahatlah dengan melihat pepohonan.

Jaga Kebersihan Layar

menjaga kebersihan layar merupakan poin tambahan karena semakin bersih layar hp maka semakin banyak pula dipandang. Ini juga menandakan sifat diri kalian. Semakin bersih hati kalian dan selalu bersih menandakan kalian menjaga kesehatan mata. Begitu juga sebaliknya jika hp kalian kotor pada bagian layar.

Usahakan Berkonsultasi

bagi kalian yang sudah menderita penyakit mata sakit atau yang tidak sakit juga berkonsultasilah kepada siapapun. Terutama berkonsultasi kepada seseorang yang mengetahui atau memahami tentang bang cahaya layar yang dikeluarkan oleh HP. 

Seimbangkan Dengan Pola Makan yang Baik

Makanann yang mengandung  vitamin A, vitamin C, dan omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kalian. Konsumsilah makanan dengan pola yang baik disertai melakukan poin di atas.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah untuk menjaga kesehatan mata dari radiasi layar HP adalah :
  1. Atur Kecerahan Layar
  2. Gunakan Smartphone Dalam Jarak yang Aman
  3. Gunakan Pelindung Layar
  4. Gunakan Kacamata
  5. Jangan Mengucek Mata Secara Berlebihan
  6. Berkedip Sesering Mungkin
  7. Batasi Penggunaan Smartphone
  8. Sesering Mungkin Mengistirahatkan Mata
  9. Sesekali Keluar Untuk Melihat Pemandangan
  10. Jaga Kebersihan Layar
  11. Usahakan Berkonsultasi
  12. Seimbangkan Dengan Pola Makan yang Baik
Semoga dengan penjelasan diatas tentang "Cara Menjaga Radiasi Layar HP untuk Kesehatan Mata dengan Baik" dapat membantu informasi yang kalian cari. Jika ada yang di diskusikan silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini atau bisa menghubungi kontak kami langsung yang ada di bagian bawah website SERBARENA.

Baca juga

Posting Komentar