Ulasan Kelebihan dan Kelemahan USB Tipe-c Lengkap untuk HP Android

SERBARENA - Alat charger HP smartphone saat ini berkembang dengan pesat. Beberapa periode yang lalu semua smartphone melakukan charger HP menggunakan USB 2.0. saat ini sudah mulai beralih semuanya ke USB type c. di sini saya akan memberi ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kelemahan USB type C untuk semua smartphone.

USB-C adalah spesifikasi USB untuk sebuah konektor 24-pin yang bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer data dan tenaga listrik. Spesifikasi USB Type-C versi 1.0 pertama kali diterbitkan oleh USB Implementers Forum dan diselesaikan pada Agustus 2014. Wikipedia

Meskipun USB tipe c diterbitkan tahun 2014 namun pengguna HP di berbagai belahan dunia mulai mengetahui sekitar tahun 2018. hal ini membuat peralihan dari semua HP Android yang menggunakan charger J2 beralih ke USB type c.

Tentu pembaruan ini memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Yang pasti ada banyak kelebihan daripada ada USB di generasi sebelumnya.

Kelebihan USB Type C Dibandingkan USB 2.0

1. Desain oval / anti terbalik


USB type C berbentuk seperti oval yang mana bentuk USB type C lebih bagus dalam segi penggunaan dibandingkan dengan USB 2.0.
Fisiknya yang lebih tipis atau mini maka tak heran ternyata banyak HP smartphone yang mulai menggunakan USB type C.

Tidak hanya tipis saja dan bentuknya oval namun USB type C ini memiliki kelebihan yang sangat penting yaitu sisinya sama saja antara sisi atas dan sisi bawah.

bentuk seperti ini membuat kalian tidak akan bingung atau takut kebalik jika posisinya keliru pada saat dimasukkan atau ditancapkan ke HP. 

Terlihat sederhana namun hal sederhana ini sangat membantu kita dalam melakukan charger agar tidak mudah rusak. Yah Kelebihan lainnya yaitu USB type C tidak mudah rusak karena salah posisi penancapan. 

Ada pembaruan juga di tipe C yaitu ada magnetnya. cukup dekat kan posisi USB type C dengan lubang charger hp secara otomatis kabel tersebut akan menyambungkan sendiri ke HP. Sehingga kalian akan dipermudah dengan adanya USB type C.

2. Isi Baterai Lebih Cepat

Adanya pembaruan USB dari usb 2.0 USB type-c tentu memiliki banyak kelebihan. Salah satu utamanya adalah kelebihan memiliki kecepatan dalam pengisian baterai. Tentu juga di tentukan karena banyaknya mAh baterai. Semakin banyak mAh maka pengisian juga semakin lama. Namun kekuatan kecepatan tetap jauh lebih kuat dibandingkan USB 2.0.

Pengisian baterai pada HP smartphone yang menggunakan USB 2.0 memiliki kemampuan transfer daya hingga 2,5 volt pada arus 1,8 ampere. Maka perkiraan waktu pengisian baterai untuk HP smartphone kalian bisa mencapai 2 hingga 3 jam dengan teknologi fast charging.

sedangkan untuk HP smartphone dengan kualitas baterai yang sama namun menggunakan charger USB type C memiliki kekuatan daya transfer hingga 20 volt pada arus 5 ampere. Sehingga waktu yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 1,5 jam dengan fitur fast battery charging.

Yang perlu diketahui adalah Allah semakin banyaknya daya baterai maka pengisian juga semakin lama.

3. Transfer data lebih cepat

Balik lagi kepada pembaruan untuk USB type C. salah satu pembaruan utama yaitu berada pada kecepatan pengiriman data atau transfer data. Misalnya jika kalian ingin memindah data dari atau au ke komputer dengan HP memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan USB 2.0.

USB 2.0 yang paling bagus dalam pengiriman atau transfer data bisa mencapai hingga 480 MB per detik. Sementara untuk USB tipe C mampu mentransfer atau mengirim data hingga 20 kali lipat lebih cepat dari usb 2.0 yaitu dengan kecepatan maksimal hingga 10 GB per detiknya.

Perlu diperhatikan juga karena setiap defice dengan media lain harus memiliki spesifikasi yang bagus pula. Misalnya jika kalian menggunakan komputer maka gunakan komputer yang memiliki spesifikasi maksimal agar pengiriman data lebih maksimal juga. Termasuk dengan kualitas HP dengan hp-nya juga.


4. Mampu Menampilkan Gambar Beresolusi tinggi ke TV/proyektor

Port USB type C mampu menampilkan gambar maupun suara proyektor atau televisi yang memiliki resolusi dengan kualitas yang maksimal seperti 4K. namun masih dibutuhkan alat konektor tambahan untuk menyambungkan ke media lain seperti chord HDMI, display port, DVI dan VGA.

USB type 2.0 masih belum mendukung adanya fitur seperti ini. Sehingga sangat membantu kita dalam memudahkan mengerjakan tugas atau untuk hiburan ke media lain seperti proyektor dan televisi.

5. Cabut pasang hingga puluhan ribu kali

USB type C a tidak hanya canggih dalam segi ke empat poin di atas. USB type C karena bentuknya bisa dibolak-balik dengan bentuknya oval cerita tipis membuat kita nyaman selalu menyambungkan dan melepaskan charger. 

Ketika kalian menyambungkan USB ini tidak adanya tekanan seperti USB 2.0 biasanya. Hal seperti inilah menjadi kelebihan oleh USB type C. kalian bisa melepaskan dan menyambungkan sesering mungkin bahkan ribuan kali dengan USB tipe ini tidak akan rusak. 
Berbeda dengan USB 2.0 standart tentunya cukup beda jauh yaitu bisa dipasang dan dicabut hingga 1.500 kali. Setelah melebihi batas angka tersebut bisa saja USB mulai ada kendala seperti tidak bisa nancap rapat normal seperti biasanya.

6. Bisa Digunakan Untuk Carger Lapop

Laptop keluaran terbaru juga rata-rata sudah menggunakan charger USB type C. tidak lagi menggunakan charger versi milik mereka sendiri yaitu ada yang bentuknya kotak dan melingkar. tentu ini akan membuat lebih minimalis serta lebih nyaman dalam melakukan charger di laptop.

Kekurangan USB Type C Dibanding USB 2.0

1. Dukungan Setiap HP Masih Terbatas

Untuk saat ini HP smartphone yang mendukung adanya USB type C masih terbatas. rata-rata HP smartphone yang mendukung USB tipe C yaitu HP keluaran tahun 2019. Itu pun juga tidak semua HP artinya hanya beberapa HP yang mendukung USB tipe C.

Sementara sistem operasi Android yang mendukung USB type C hanya minimal Android marshmallow. Jika hp kalian tertanam USB 2.0 maka tidak bisa menggunakan USB type C.

2. Butuh Konektor Tambahan

di beberapa device yang masih menggunakan USB type C dengan seri lain yaitu serie a dibutuhkan konektor tambahan untuk bisa menggunakan USB type C. hal ini digunakan untuk kalian yang biasanya ingin mentransfer data dari laptop ke HP.

Kesimpulan dari penjelasan artikel di halaman SERBARENA tentang ulasan lengkap kelemahan dan kelebihan USB type C di Android terdapat beberapa poin penting seperti di atas.

Baca juga

Posting Komentar