Cara Menjaga Keuangan Mahasiswa Kos-kosan di Kota Rantau Agar Irit Uang

SERBARENA - Mahasiswa kos selalu identik dengan seseorang yang berusaha bertahan hidup sendiri untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan. Banyak sekali hal-hal yang lucu yang dibuat mahasiswa kos-kosan untuk melampiaskan jurinya dalam bertahan hidup. Pelampiasan tersebut biasanya karena sebagai ajang curhat dari kondisi si anak kos yang mengalami kesulitan dalam keuangan.

Menjadi mahasiswa kos-kosan atau anak kos merupakan masa perpindahan dari pola hidup yang bergantung dengan orang tua menjadi mahasiswa mandiri. Biasanya yang masih meminta uang kepada orang tua dua dan dijatah setiap waktunya ini mahasiswa kos-kosan harus pandai menghitung keuangan. Apalagi untuk Anda mahasiswa yang sedang berusaha memenuhi kebutuhan hidup sendiri serta membayar perkuliahan.

Menjadi mahasiswa kos-kosan tidak hanya disibukkan dengan mengelola keuangan saja. Banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa kos-kosan untuk bertahan hidup dengan mandiri di kota rantau. Namun kali ini kita akan berfokus cara menjaga keuangan mahasiswa kos-kosan di kota rantau agar bisa irit sampai survive.

Ada beberapa cara yang harus kalian perhatikan untuk menjaga keuangan mahasiswa kos-kosan di kota rantau agar bisa irit. Berikut ulasan lengkapnya sebagai berikut :

Cara Menjaga Keuangan Mahasiswa Kos-kosan di Kota Rantau Agar Irit Uang

1. Menyusun Anggaran Belanja Setiap Waktunya

Menyusun anggaran belanja setiap waktu sangat penting untuk diperhatikan agar keuangan mahasiswa kos-kosan bisa lebih irit bahkan hingga bulan depan. Tulislah semua kebutuhan pokok yang pasti anda butuhkan setiap waktunya. Kebutuhan pokok yang harus diperhatikan bisa seperti pulsa, perlengkapan biaya kos, biaya makan, biaya kampus dan lain sebagainya. Jangan terlena dengan hal-hal yang tidak penting seperti ti yang tidak diperlukan atau jalan-jalan.

Jika kebutuhan pokok tidak dijalankan dengan benar benar maka akan sangat mengganggu sekali kehidupan kalian kedepannya. Kalian bisa saja kebutuhan pokok seperti makan menjadi terganggu bahkan tidak bisa makan terpaksa harus berpuasa Senin Kamis karena melihat tidak menyusun anggaran belanja. 

Tulislah setiap rincian dari pemasukan dan pengeluaran sekutu bahan pokok rutin bisa tertata rapi dan bisa seirit mungkin. Setelah menulis catatan tempelkan dinding kamar kos agar kalian selalu ingat akan pengeluaran dari keuangan. Jika setiap waktu kawin buat catatan maka secara otomatis kalian akan hemat dan tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

2. Menabung / Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Meskipun keuangan kalian sudah pas-pasan bahkan kurang, kalian harus tetap menyisihkan setidaknya hal ini untuk berjaga-jaga jika sewaktu nanti kalian membutuhkannya. Sebaiknya kalian tidak menyentuh atau mengusik uang yang telah ditabung atau disisihkan.

Sisihkan sekitar 10 hingga 20% dari total uang jatah di awal bulan atau awal periode. Simpan di tempat yang aman sekiranya kalian merasa kesulitan untuk mengambil uangnya kembali. Setelah kalian menyisihkan uang jangan sekali-kali mengingat uang tersebut dan berfokuslah uang yang ada ada untuk dicatat anggaran belanjanya.

Solusi yang paling aman yaitu tabunglah di bank untuk mengurangi resiko dicuri atau diambil kembali. Jangan ditaruh di tas maupun di lemari kos-kosan. Lakukan hal yang sama untuk setiap bulan ketika kalian mendapatkan uang.

3. Membawa Bekal Saat Berangkat Dari Rumah

Membawa bekal adalah solusi yang sangat signifikan walau tanpa kita sadari. Membawa bekal dari rumah terutama dari bahan mentah yang bisa diolah di kos-kosan oleh mahasiswa merupakan solusi yang yang benar-benar efisien. Meskipun bekal tersebut sangat berat untuk dibawa kalian harus melakukan itu.

Selain berfungsi untuk menghemat keuangan kalian, hal ini juga dapat memudahkan kalian an-nur mengelola makanan sendiri tanpa harus keluar membeli makanan. 

Ketika kalian membawa bekal makanan yang lebih banyak dari biasanya maka bagilah bekal makanan tersebut ke teman kos. Walaupun kalian benar-benar membutuhkan bekal karena pingin kirim uang, kalian tetap harus saling berbagi karena mereka semua adalah sama-sama sedang merantau. 

Sewaktu-waktu jika teman kalian juga membawa bekal makanan dan disaat kalian tidak memiliki apapun, kalian masih bisa meminta bekal tersebut dari teman sendiri. Tentu ini akan akan menjadi di sangat terbantu dan dapat membuat hubungan sosial kos-kosan menjadi tentram. Teman yang baik akan selalu berbagi suka dan duka kepada teman lainnya termasuk kalian.

4. Hemat Kuota Internet

Tanpa kita sadari kebutuhan pokok kita saat ini adalah pengeluaran untuk pulsa atau paket data internet. Kebutuhan sosial media di dunia kampus sangat dibutuhkan. Maka dari itu kalian harus mengelola dari kebutuhan kuota internet. Mungkin saja tanpa kita sadari kuota data internet tiba-tiba habis.

Buatlah pengaturan di aplikasi HP untuk membatasi dari aktivitas internet kalian. Seperti WhatsApp, batasi penggunaan untuk menerima dan mengirim sebuah media gambar, suara dan video serta dokumen. Selalu cari wi-fi gratis dari kampus untuk memanfaatkan kebutuhan internet. Download sebanyak mungkin kebutuhan yang kalian download dan bukalah pada saat di kos-kosan atau offline. Selagi ada wi-fi gratis maka manfaatkan semaksimal mungkin dari pada ada menggunakan kuota data internet yang tidak hemat.

5. Perbanyak Teman

Kalian adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Memiliki banyak relasi akan sangat membantu kalian dalam memecahkan sebuah masalah. Adanya relasi teman kalian bisa saling bertukar informasi si yang penting seperti informasi lowongan pekerjaan atau bisnis. Kalian juga bisa minta tolong ketika sedang membutuhkan dan membantu mereka ketika membutuhkan juga.

Biasanya semakin banyak teman maka semakin banyak pula pengeluaran dari uang kita. Kalian harus pandai-pandai memilih teman yang saling mengerti dan saling memahami dengan situasi kondisi yang ada. Memiliki teman kita harus mengeluarkan banyak uang misalnya untuk jalan-jalan maupun belanja. Carilah teman yang sama-sama saling menguntungkan sebagai mahasiswa kos-kosan di kota rantau agar irit uang.

Ada banyak informasi menarik lainnya di klik info.

6. Kreatif Untuk Memanfaatkan Benda yang Ada

Memanfaatkan sumber daya yang ada di sekeliling kamu merupakan pemikiran yang kreatif. Sebagai mahasiswa kos-kosan di kota rantau harus kreatif dalam memanfaatkan benda yang ada. Hal seperti ini mungkin tanpa disadari namun cara ini lah yang sangat membantu kita dalam bertahan hidup di kota rantau.

Misalnya barang yang bisa dimanfaatkan seperti lembaran kertas yang sudah tidak terpakai. Biasanya banyak sekali lembaran kertas yang tidak dipakai setelah membuat laporan atau tugas kampus. Manfaatkan lembaran putih kosong yang ada dibaliknya untuk UKT mengerjakan tugas dari kampus. 

7. Tetap Tampil Sederhana Saja

Selalu tampil sederhana kepada siapapun baik di kampus maupun di di sekitar pos adalah solusi yang baik. Memiliki mindset tampil yang sederhana bagi orang pedesaan mungkin sudah biasa saja. Tidak tidak perlu menggunakan atribut yang istimewa seperti harus menggunakan baju yang bagus. Ketika melihat teman kalian menggunakan atribut yang istimewa dengan harga mahal maka kalian tidak boleh menirunya atau au ingin sama seperti mereka. kalian harus kuat untuk selalu tampil sederhana.

Dengan adanya tampil sederhana kalian bisa melakukan banyak hal dari kebutuhan dasar sebagai mahasiswa kos-kosan di kota rantau. Jika ada sisihan uang maka simpanlah uang tersebut. Kalian bisa menggunakan uang dari sisihan untuk menutupi kebutuhan sewaktu-waktu kalian tidak memiliki uang. Solusi tambahan adalah bertemanlah dengan teman yang yang selalu tampil sederhana. Biasanya orang yang tampil sederhana adalah orang-orang yang sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokok tanpa kebutuhan sampingan.

8. Berbaur Dengan Warga Sekitar

Membaur dengan warga sekitar kos-kosan dan sering berinteraksi dengan mereka dapat membantu kalian pada saat kalian sedang membutuhkan. Bantulah mereka juga ketika mereka sedang membutuhkan dari kalian. Saling tolong-menolong merupakan an-nur buatan yang harus dilakukan antar manusia seperti mahasiswa kos-kosan dengan warga sekitar. Maka dari itu bergabunglah dengan mereka sesuai cara mereka juga.

9. Kenali Wilayah Sekitar

Memahami wilayah di sekitar kos-kosan juga strategi tambahan yang membantu kita untuk memahami lingkungan sekitar agar kita bisa menyesuaikan dengan kondisi tertentu. Kenali seluk beluk di sekitar kos kalian seperti tempat makanan termurah, fotocopy, tempat tongkrongan yang sesuai kantong. Hal ini dapat membantu kalian untuk bertransaksi sesuai dengan kantong sendiri. Selagi ada tempat yang murah kenapa harus mencari tempat yang mahal.

10. Bisnis Dengan Teman

teman kos-kosan atau teman mahasiswa di kampus adalah mereka yang sama-sama sedang merantau serta berusaha unit uang. Semakin banyak relasi teman maka makin banyak pula peluang untuk berbisnis dan diajak bekerja sama juga. Minimal kalian bisa ketularan dengan an-anbiya san positif dari mereka. yang perlu kalian ketahui adalah bertemanlah dengan orang yang baik.

11. Memulai Usaha Sendri

Mungkin kalian memiliki bisnis usaha yang lebih berpotensi untuk dikerjakan sendiri daripada bersama teman maka lakukan saja usaha dari rencana sendiri. Usaha yang sangat sesuai sebagai mahasiswa kos-kosan yang sedang kuliah adalah menyewakan tenda camping, sewa camera profesional, membuka jasa printing, jadi tukang ojek online dan sebagainya. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan uang setidaknya untuk tambahan uang saku. 

12. Beli Nilai Bukan Merk

Konsumsilah barang sesuai nilai kebutuhan kalian sebagai mahasiswa kos-kosan di kota rantau. Selalu hindari dengan mengkonsumsi barang yang bermerek. Mengkonsumsi barang yang bermerek biasanya memberi harga yang cukup mahal. Sementara kalian yang sedang berusaha mengirit uang maka konsumsi lah barang yang memiliki nilai pokok. Ini adalah langkah awal dari ketidakbahagiaan kalian dalam menjalani hidup di kota rantau. Selalu memilih produk yang berkualitas dengan harga yang bersahabat serta memiliki nilai maksimal. Dengan begitu kalian dapat mengirit uang agar bisa survive dan bertahan hidup lebih lama.

Terima kasih sudah membaca artikel ini tentang Cara Menjaga Keuangan Mahasiswa Kos-kosan di Kota Rantau Agar Irit Uang. Semoga informasi ini dapat melengkapi sesuai yang kalian butuhkan.

Baca juga

Posting Komentar