Idzhar Halqi : Huruf dan Contoh Bacaan Idhar Halqi Berdasarkan Ilmu Tajwid

SERBARENA - Membaca ayat Alquran dan harus berdasarkan dengan ilmu tajwid yang benar. Seperti Idzhar Halqi yaitu salah satu hukum dan tata cara membaca al-quran berdasarkan ilmu tajwid. Secara garis besar Idzhar Halqi yaitu dibaca dengan jelas melalui tenggorokan. Untuk mengenai huruf Idzhar Halqi, cara membacanya dan contoh ayat Alquran serta ilmu lainnya silakan disimpan di bawah ini.

Pengertian Idzhar Halqi

Pengertian Idzhar halqi adalah cara membaca bacaan ayat Alquran dengan apabila ketika ada huruf hijaiyah nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idzhar halqi dibaca dengan jelas dalam Alquran.

Idzhar sendiri memiliki arti tegas dan jelas. Sedangkan halqi berarti tenggorokan. Jadi Idzhar Halqi adalah lah dengan jelas tepat dan terang sesuai mahroj keluar dari tenggorokan.

Untuk lebih jelasnya mengenai huruf Idzhar Halqi berdasarkan ilmu tajwid sebagai berikut.

Huruf Idzhar Halqi

Huruf-huruf dari hukum bacaan Idzhar Halqi ada 6 huruf hijaiyah. Huruf Idzhar Halqi tersebut antara lain Ha, Hamzah, Ain, HA, Ghoin, dan Kho. Adapun cara membaca dari ke-6 huruf tersebut lihat contohnya di bawah ini.

Cara Membaca Idzhar Halqi

Definisi dari Idzhar Halqi adalah membaca ayat Alquran sesuai huruf makhraj nya dibaca dengan jelas melalui tenggorokan. Maksudnya adalah Anda harus membaca dengan terang, jelas dan singkat. Membaca dengan terang, jelas dan singkat apabila ada huruf hijaiyah nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idzhar Halqi seperti di atas. 

Untuk lebih mudahnya lihatlah contoh bacaan Idzhar Halqi di setiap enam huruf hijaiyah di bawah ini.

Contoh Bacaan Idzhar Halqi

Huruf Hamzah : ء

كُلٌّ ءَامَنَ
مَنۡ ءَامَنَ
وَيَنۡ‍َٔوۡنَ

Huruf Ha Besar : ه

ٱلۡأَنۡهَٰرُ
مِنۡ هَادٖ
جُرُفٍ هَارٖ

Huruf ‘Ain : ع

أَنۡعَمۡتَ
مِنۡ عِلۡمِۢ
سَمِيعٌ عَلِيمٞ

Huruf Ha Kecil : ح

يَنۡحِتُونَ
مِّنۡ حَكِيمٍ
حَكِيمٍ حَمِيدٖ

Huruf Kha : خ

وَٱلۡمُنۡخَنِقَةُ
مِنۡ خَيۡرٖ
عَلِيمٌ خَبِيرٞ

Huruf Ghain : غ

فَسَيُنۡغِضُونَ
مِّنۡ غِلّٖ
قَوۡلًا غَيۡرَ

Post a Comment

0 Comments