Pengertian Ilmu Tajwid : Cara Membaca, Hukum Tajwid dan Tujuannya

Mempelajari ilmu tajwid sangat penting sekali dalam membaca ayat suci Al-Qur'an. Anda harus memahami semua aturan dari ilmu tajwid agar bisa membaca Al-Qur'an dengan sempurna. tentu anda harus mengetahui pengertian dari ilmu tajwid itu seperti apa. Hukum bacaan tajwid apa saja yang harus dipahami. yang paling penting adalah Anda bisa membaca ayat suci Al-Qur'an dengan sempurna.

A. Pengertian ilmu tajwid

Pengertian dari ilmu Tajwid yang mendasar adalah tata cara membaca ayat Al-Qur'an. Semakin kita memahami aturan dan tata cara pembaca ayat Al-Qur'an maka semakin indah kita membacanya. Mengingat ilmu tajwid ini berkaitan dengan bagaimana cara membaca Al-Qur'an maka anda harus memahami syarat-syarat ilmiah. Syarat-syarat ilmiah tersebut seperti adanya tujuan fungsi dan objek serta sistematik dalam tajwid.

Tajwid (تَجْوِيْدٌ ) merupakan bentuk masdar dari fiil madhi (جَوَّد) yang berarti “membaguskan“.

“Ilmu tajwid adalah ilmu yang berguna untuk mengatahui bagaimana cara melafalkan huruf yang benar dan di benarkan’’

Pengertian tajwid tersebut menjelaskan bahwa lingkup yang berkaitan dengan huruf-huruf hijaiyah serta bagaimana tata cara melafalkan huruf tersebut sebaik mungkin. Huruf hijaiyah yang terdiri dari 27 serta ditambah dengan an-nahl ayat yang dapat membentuk sebuah bunyi dan arti. Dari huruf dan harokat tersebut menghasilkan bunyi suara yang berbeda-beda. Artinya ada aturan dalam mengucapkan atau melafalkan ayat Al-Qur'an dari sekumpulan huruf dan harakat.

kita tidak bisa membaca atau melafalkan ayat Al-Qur'an sesuai keinginan kita sendiri. Al-Qur'an sendiri menyuruh kita untuk membaca dan melafalkan an-naziat Al-Qur'an dengan ilmu tajwid. jika anda membaca atau melafalkan ayat al-qur'an tidak sesuai dengan aturan atau tata cara tajwid maka ayat tersebut bisa memiliki makna yang berbeda. Tentu ini akan menjadi di haram hukumnya jika salah dalam membaca.

Tajwid akan membenarkan dan memberi anda bagaimana cara cara mengucapkannya. Misalnya membaca dari ciri-ciri atau tanwin jika ditemukan dengan huruf lain tentu akan memiliki makna yang berbeda. Bacalah ayat suci Al-Qur'an sesuai aturan ilmu tajwid.

Ada banyak aturan tata cara membaca ayat Al-Qur'an sesuai tajwid. Maka dari itu pelajari semua aturan atau tata cara membaca Al-Qur'an dengan Tajwid di halaman SERBARENA. Di sini banyak sekali mengulas tentang ilmu tajwid.

B. Tujuan mempalajari ilmu tajwid

Ilmu tajwid tentu memiliki tujuan yang sangat berarti dan mengharuskan anda untuk memahami semua aturan tajwid. Tujuan dari ilmu tajwid untuk didasarkan pada pengertian tajwid seperti di atas. Tujuan mempelajari ilmu tajwid yang dimaksud adalah agar pembaca dapat melaporkan huruf hijaiyah dengan benar dan sesuai dengan mahroj serta sifatnya.

Agar dapat menjaga kemurnian dalam membaca ayat Al-Qur'an melalui ilmu tajwid, sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Allah berfirman :

Sesungguhnya mengumpulkan Alqur’an dan membacanya adalah tangung jawab kami, jika kami telah membacakan, maka kamu ikuti bacaan itu.” ( Q.S. 75, Al-qiyamah: 17-18 )

Kita harus mengikuti ajaran Rasulullah SAW agar hanya dengan membaca ayat Al-Qur'an sesuai tajwid kita bisa dengan benar dan masuk surga insya Allah. Mengingat bacaan ayat Al-Qur'an bersifat tanqifi yaitu mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah sesuai firman di atas.

C. Cara Membaca Ayat Al-Qur'an dengan Ilmu Tajwid

Terdapat empat hukum bacaan menurut ilmu tajwid secara garis besar. 4 hukum bacaan tersebut antara lain Nun sukun atau tanwin, Idghom, Mim mati dan Mad. Dari keempat hukum bacaan tajwid tersebut memiliki beberapa sub bab sendiri. Anda bisa belajar keempat bacaan tersebut di website ini dengan mencari di kolom pencarian sesuai kebutuhan Anda.

D. Hukum Mempelajari Ilmu tajwid

Menurut ahli tajwid hukum mempelajari ilmu Tajwid adalah fardu kifayah. Artinya untuk orang muslim harus membaca ayat Al-Qur'an sesuai ilmu tajwid dan tidak boleh salah sedikitpun. Jika sebagai murid yang belajar ilmu tajwid tidak ada salahnya jika salah dalam membaca Al-Qur'an.

Melihat dari mempelajari ilmu tajwid akting maka anda harus menguasai ilmu tajwid di luar kepala. Hal ini bertujuan agar selama anda membaca ayat al-qur'an tidak harus memikir dulu setiap bacaan. Artinya Anda bisa membaca ayat Al-Qur'an dengan lancar dan benar bahkan dengan membaca cepat sekali pun.

Tanpa Anda sadari jika sudah belajar dengan ilmu tajwid secara otomatis anda bisa membaca Al-Qur'an dengan Tartil. 

berfungsi sebagai penunjang yang dituju. Allah berfirman:

“Dan bacalah Alqur’an itu dengan bacaan yang tertil ” ( Q.s : Al-muzammil :4 )

Membaca Al-Qur'an dengan lafal tartil sebenarnya memiliki dua makna :

Mana pertama adalah hissiyah, artinya dalam pembacaan Alqur’an diharapkan tenang, pelan, tidak tergesah-gesah, disuarakan dengan baik, bertempat ditempat yang baik dan tata cara lainnya yang berhubungan dengan segi-segi inderawi ( penglihatan ).

Makna kedua adalah maknawi, artinya dalam membaca Alqur’an diharuskan dengan ketentuan tajwidnya, baik berkaitan dengan makhraj, sifat, mad, waqaf dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mempelajari setiap hukum bacaan ilmu tajwid secara langsung dengan guru.

 E. Menjaga Lisan Pembaca

Menjaga lisan pembaca agar tidak terjadi kesalahan pada saat melafalkan ayat Al-Qur'an. Karena hanya dengan salah membaca ayat suci Al-Qur'an saja arti dan makna ayat tersebut menjadi berbeda. Artinya apa yang anda baca adalah salah arti. Hal ini bisa mengakibatkan dosa besar. 

mempelajari ilmu tajwid memang membutuhkan proses yang sabar dan butuh waktu yang cukup banyak. Tentu harus memiliki guru di depan Anda. Maksudnya adalah guru orang nyata bukan hanya sekedar membaca melalui tulisan sendiri. 

Untuk memahami pengertian dan ilmu tajwid Anda harus berhadapan dengan guru anda. berkomunikasi secara langsung dengan lisan dapat mempercepat anda dalam memahami ilmu tajwid. Karena ilmu tajwid belajar untuk melafalkan ayat Al-Qur'an dengan lisan bukan untuk membaca dalam hati saja.

Cara bertatap muka dengan komunikasi langsung seperti itu pasti akan dapat dengan cepat Anda bisa memahami tajwid.

Seorang guru harus menjelaskan dari pengertian tajwid, bacaan hukum tajwid, contoh bacaan tajwid, bagaimana cara membaca tajwid, serta mempraktekkan langsung dan disimak oleh guru.

Perlu pembiasaan membaca Al-Qur'an dengan ilmu tajwid secara tekun, rajin dan tabah untuk anda sebagai murid kepada guru. membaca ayat Al-Qur'an dengan ilmu tajwid tidak perlu mengejar kuantitas atau pembaca yang sangat banyak. Melainkan membaca tajwid yang sangat penting adalah ah memahami serta mempraktikkan dalam membaca ayat al-qur'an dengan benar.

Setiap membaca ayat Al-Qur'an selalu bacalah dengan ilmu tajwid. 

Informasi Mirip

Posting Komentar