SERBARENA - Idghom Bighunnah adalah salah satu ilmu tajwid yang harus anda ketahui tentang pengertian, huruf, cara membaca dan contoh bacaan dengan benar. Untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian, huruf, cara membaca dan contoh bacaan dari idgham Bighunnah silakan simak penjelasan di bawah ini.

Idgham Bighunnah dari Tajwid

ilmu tajwid dari Idgham Bighunnah sangat luas sekali pembahasannya. Dimulai dari pengertian hukum bacaan idgham Bighunnah seperti yang dijelaskan berikut. 

Pengertian Idgham Bighunnah

Idgham Bighunnah berasal dari kata idgham dan Bighunnah. Anda harus memahami pengertian and1 persatu agar benar dalam membacanya.

Idgham berasal dari kata bahasa Arab yaitu memasukkan. Artinya Anda harus masuk kan huruf yang dimaksud oleh idgham Bighunnah.

Idgham Bighunnah berasal dari 2 kata yaitu Bi dan Ghunnah. Bi artinya dengan. Sedangkan Ghunnah artinya mendengung. Jadi kedua kata tersebut digabung menjadi Bighunnah artinya dengan mendengung.

Pengertian dari keseluruhan idgham Bighunnah adalah memasukkan dengan mendengung.

Pengertian idgham Bighunnah adalah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan empat huruf hijaiyah yaitu ي ن م و harus dibaca dengan memasukkan dan mendengung.

Huruf Bacaan Idgham Bighunnah

Huruf bacaan Idgham Bighunnah terdapat 4 huruf yang wajib Anda ketahui. Adapun 4 huruf bacaan Idgham Bighunnah adalah 
ي ن م و

Untuk memudahkan penghafalan dari 4 huruf tersebut dengan cara membaca يَنْمُوْ

Cara Membaca Idgham Bighunnah

Cara membaca tajwid dari Idgham Bighunnah adalah dengan cara memasukkan dengan mendengung tidak dalam satu kalimat. Jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan 4 huruf namun dalam satu kalimat atau bergandengan bukan huruf bacaan Idgham Bighunnah. Melainkan bacaan tersebut adalah idhar wajib. 

Artinya ketika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan 4 huruf seperti di atas membacanya adalah dimasukkan huruf setelahnya dengan mendengung.

Perhatikan dengan benar dan jangan sampai salah dalam membaca tajwid idgham bighunnah. Jika anda salah dalam membacanya bisa jadi arti dari ayat suci Alquran berubah. Maka dari itu pak hamil dan baca dengan benar cara membaca tajwid idgham bighunnah.

Contoh Bacaan Idgham Bighunnah

Disini saya akan berikan 2 contoh bacaan Idgham Bighunnah yang yang berasal dari nun sukun dan tanwin. 

Berikut hukum bacaan Idgham Bighunnah nun sukun

Berikut hukum bacaan Idgham Bighunnah dari tanwin


jika Anda masih bingung bagaimana cara membaca Idgham Bighunnah silakan tanyakan kepada guru atau mentor ilmu tajwid. Tujuannya adalah agar anda tidak salah dalam membaca sehingga mengubah arti dari Al Quran.

Kesimpulan Idgham Bighunnah

Idgham Bighunnah adalah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf 4 (ي ن م و) dibaca dengan memasukkan dan mendengung.

Baca juga ilmu tajwid tentang izhar halqi sebelum Idgham Bighunnah.

Post a Comment

HISTATS

Kode penghitung standard NO JAVASCRIPT Site use frames * Kode javascript tidak menyediakan statistik rinci namun adalah satu-satunya counter yang sesuai untuk Ebay, myspace,, hi5 friendster, ... jika Anda tidak yakin, coba kode javascript, jika tidak sesuai maka cobalah dengan ini ...

ADSENSE

MGID MOBILE

Powered by Blogger.