Idhar Wajib : Pengertian, Huruf, Contoh dan Cara Membacanya

SERBARENA - idzhar wajib adalah salah satu dari ilmu tajwid yang dibaca dengan memasukkan penjelas tanpa mendengung. Sebelum jauh membahas mengenai tentang idzhar wajib Anda harus tahu pengertian, huruf, cara membacanya dan contoh bacaan idhar wajib.

Idhar Wajib dalam Tajwid

ilmu tajwid yang sangat luas sekali dan kini saya yang membahas mengenai idhar wajib. Pasti anda memiliki beberapa pertanyaan mengenai idhar wajib seperti.
  • Apakah pengertian dari idhar wajib?
  • apa perbedaan antara Idgham Bighunnah dengan Idgham wajib?
  • Apa saja huruf bacaan idhar wajib?
  • Bagaimana cara membaca hukum idzhar wajib?
  • Sebutkan contoh bacaan idhar wajib?

Disini saya akan mengulas semuanya tentang yg berwajib agar anda tidak salah dalam membaca ayat suci Alquran. Karena jika anda salah dalam membaca ayat Alquran berarti anda merubah arti dan makna ayat suci Alquran.

Langsung saja kita masuk ke pengertian dari idhar wajib dalam ilmu tajwid.

Pengertian Idhar Wajib

Idhar wajib berasal dari 2 kata yaitu idhar dan wajib. Idhar menurut bahasa Arab terjemahannya adalah jelas. Sedangkan wajib ya hukumnya wajib.

Jadi ideal wajib adalah dibaca dengan jelas dan wajib. Artinya apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf 4  ي ن م و dibaca dengan jelas dalam satu kalimat. 

Berbeda dengan  Idgham Bighunnah mengenai pengertian, huruf, cara membaca dan contoh bacaan idhar wajib. Lalu apa perbedaan dari Idgham Bighunnah dengan kita wajib?

Perbedaan Idgham Bighunnah dengan Idgham wajib

Yang membedakan dari itu hampir punah dengan izhar wajib adalah penempatan huruf antara nun sukun dengan 4 dalam satu kata.

Maksudnya untuk izhar halqi huruf tersebut dalam satu kata dengan kedepannya. Sementara Idgham Bighunnah tidak dalam satu kata.

Huruf Bacaan Idhar Wajib

Huruf bacaan idhar wajib dalam ilmu tajwid terdapat empat yaitu
ي ن م و. Ingat Anda harus tahu kata tersebut berdampingan atau berpisah. Jika kata tersebut berdampingan maka hukum bacaannya adalah Kita harus wajib.

Untuk memudahkan penghafalan dari 4 huruf tersebut dengan cara membaca يَنْمُوْ.

Cara Membaca Idhar Wajib

Dalam ilmu tajwid sudah wajib cara membacanya yaitu harus dibaca dengan jelas. Walaupun keempat huruf tersebut sama dengan Idgham Bighunnah. hal ini dikarenakan antara nun sukun atau tanwin bertemu dengan 4 huruf dalam satu kalimat.

Maksudnya adalah ketika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ya nun mim wawu yang bergandengan harus dibaca dengan jelas dan tidak mendengung.

Anda harus memperhatikan pohon ini dengan seksama agar tidak salah pemahaman. karena hukum bacaan ini mirip sekali dengan Idgham Bighunnah.

Contoh Bacaan Idhar Wajib

untuk mempermudah kita dalam memahami seperti apa contoh bacaan idzhar wajib disini saya menyediakan contohnya. Pahami setiap terdapat huruf nun sukun atau tanwin dengan huruf hijaiyah seterusnya. Jika memang huruf hijaiyah seterusnya yaitu ya nun mim wawu bergandengan berarti hukum bacaannya Idhar wajib.


Disini saya akan berikan 2 contoh bacaan Idgham Bighunnah yang yang berasal dari nun sukun dan tanwin. 

Berikut hukum bacaan Idhar

jika Anda masih bingung bagaimana cara membaca Idgham Bighunnah silakan tanyakan kepada guru atau mentor ilmu tajwid. Tujuannya adalah agar anda tidak salah dalam membaca sehingga mengubah arti dari Al Quran.

Kesimpulan Idgham Bighunnah

Idhar halqi adalah apabila terdapat nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf 4   (ي ن م و) dibaca dengan jelas tanpa mendengung.
°

Baca juga

Posting Komentar