13 Penyebab Blogspot Pengunjung Turun Drastis (Sepi)

SERBARENA - memiliki website atau blog spot yang sepi pengunjung membuat kita kesal. Sudah bekerja sekeras mungkin dengan membangun blog malah pengunjung turun drastis. Mengapa bisa demikian? Berikut penjelasannya.

Ada banyak alasan mengapa web atau blog pengunjungnya turun drastis. Bahkan pengunjung turun drastis hingga 90%.

Lalu kemana pengunjung tersebut hilang? Apakah mengunjungi sudah mulai bosan dengan kita? 

Macam Konten Artikel Blog

Secara garis besar konten dalam sebuah website atau Blogspot terbagi menjadi tiga macam. Macam tersebut antara lain :

  • Konten bcererita

Sebuah website yang menyajikan tentang informasi berita biasanya memiliki waktu yang jangka pendek. Website berita lebih mengutamakan informasi terkini dengan waktu tertentu.

blog berita tidak akan menyampaikan informasi atau kejadian tentang berita dengan jangka waktu yang panjang. Hal ini akan menjadikan pengunjung akan membutuhkan informasi dengan waktu tertentu.

  • Artikel sedang trending

Website yang menyajikan kontan atau artikel sedang trending biasanya menunggu kejadian viral. Hal semacam ini web atau blog spot tidak akan mampu bertahan selama mungkin berada di pencarian Google.

tentu akan ada hal trending atau viral terbaru setelah yang anda posting dalam waktu beberapa hari kedepan titik hal ini sangat penting untuk memberikan konten dalam jangka waktu pendek.

Kurang lebih sama dengan konten berita, bedanya di sini adalah memberikan informasi hal menarik. Bukan kejadian tentang insiden atau kejadian masalah tertentu seperti berita.

  • Long term artikel

Long artikel pada umumnya menjelaskan tentang hal-hal yang bisa di praktekkan atau diterima dalam waktu yang lama. Contohnya adalah tentang tutorial, tips, panduan, sejarah, materi pendidikan, dan informasi lainnya.

Ketiga konten tersebut biasanya berada pada website dan tergantung oleh pemilik blog tersebut. namun anda harus pintar dan pandai bagaimana cara mengelola blog dengan memanfaatkan 3 konten tersebut.

bukan berarti salah satu dari ketika konten di atas ada yang memiliki nilai tertinggi. melainkan mereka adalah saling berkolaborasi dan saling melengkapi antara satu dengan informasi lainnya.

Setelah membaca ketika pohon di atas, Apa hubungannya dengan pengunjung yang turun drastis?

Sebuah blog yang memiliki pengunjung yang sepi atau turun drastis tentu memiliki beberapa alasan. jangan remehkan alasan tersebut karena anda sudah bersusah payah membangun blog namun kenyataannya malah menjadi bencana.

Penyebab Pengunjung Website / Blogspot Turun Drastis

Mengidentifikasi permasalahan pengunjung sepi atau turun drastis sejak dini sangat penting. Hal ini berguna untuk menjaga keamanan traffic blog anda titik semakin lama anda memperbarui atau mengolah blog maka semakin cepat pengunjung untuk pergi.

1. Kesehatan blog

Istilah kesehatan blog, yaitu pembahasan yang sangat luas. secara garis besar blog yang memiliki kesehatan yang baik akan di beri rangking bagus oleh Google. 

Bagaimana kita bisa melihat kesehatan blog?

Secara garis besar Anda bisa melihat ranking dengan nilai domain authority, page authority, quality backlink, ranking, spam skor dan lain sebagainya.

Faktor utama kesehatan dalam blog antara lain :
  1. Kualitas artikel
  2. Keunikan artikel
  3. Broken link
  4. Link yang tidak natural
  5. Spam link
  6. Dan masih banyak lainnya
Jangan sesekali mengabaikan faktor utama diatas jika tidak ingin pengunjung blog Anda sepi.

Namun semua itu bisa dilihat melalui Google webmaster atau Google console.

2. Niche blog (Tema Konten Blog)

Faktor utama blog turun drastis adalah dengan menyajikan konten yang bermacam-macam. Terutama konten yang tidak searah dengan pokok pembahasan blog.

Anda harus menyajikan dengan 1 topik pembahasan dan dalam satu blog.

Misalnya jika anda ingin memiliki blog yang berisi tentang teknologi berarti Anda harus mengupgrade konten semua tentang teknologi. jangan sesekali membuat konten selain teknologi misalnya tentang pendidikan atau kesehatan.

3. Backlink

Mengelola backlink tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan setiap kandang arahkan ke blog anda.

Apa penyebab backling yang menurunkan pengunjung blog secara drastis?

  1. Memasang backlink secara berlebihan
  2. Memasang tp-link tidak sesuai content
  3. Tackling yang melanggar peraturan kebijakan secara umum
  4. Asal-asalan pasang backlink
  5. Dan lain sebagainya
Bahaya besarnya jika anda memasang backlink yang salah adalah adanya ke indeks. Semua konten artikel blog anda akan dihapus oleh mesin pencari.

Bahkan domain utama anda di blog akan dihapus juga jika anda tetap melakukan hal diatas terkait backlink.

4. Tidak Menggunakan Bahasa Manusia

Menggunakan bahasa manusia sangat diutamakan. Google bisa lebih pintar dari yang anda kira. Jangan atlet konten yang tidak menggunakan bahasa manusia yaitu komputer atau bot.

Contoh Tidak Menggunakan Bahasa Manusia :
  1. Bahasa kaku
  2. Bahasanya yang campur aduk
  3. Susah dimengerti
  4. Dibuat dari spinner artikel
  5. Copy paste atau plagiat (Tambahan)
  6. Dan lain sebagainya
Buatlah pengunjung nyaman dengan tulisan bahasa yang anda sampaikan melalui blog titik semakin pengunjung nyaman maka mereka akan kembali lagi membuka blog anda.

Hal seperti inilah yang diperhatikan oleh guru sehingga dapat menaikkan pengunjung secara drastis.


Untuk mengetahui pengunjung yang turun secara drastis Anda bisa mengaitkan blog Anda ke Google analytics atau histats.

5. Salah Template / Sering Ganti Template


Untuk menjaga keamanan template terutama bagi pemula, gunakan template yang berbayar. biasanya tempat blog yang berbahaya adalah memiliki struktur yang rapi dan jelas.

Template blog yang berbayar biasanya memiliki update setiap waktu tertentu. Jadi mereka akan menyesuaikan perubahan algoritma Google berdasarkan waktu tertentu. anda tidak perlu pusing memikirkan struktur template yang rapi setelah menggunakan template blog premium.

Meskipun Anda menggunakan template blogger premium dengan sering berganti-ganti, dapat mempengaruhi pengunjung blog turun drastis.

Namun jika Anda paham mengenai script pemrograman tempat belum, Tidak ada salahnya untuk selalu memodifikasi atau diperbarui.

6. Jarang Update

Para pakar seo setuju bahwa siapa saja yang selalu update konten maka ranking pemain akan meningkat.

Walaupun Google sebenarnya mementingkan kualitas konten dari pada waktu update.

Waktu seperti apa yang tepat untuk update konten artikel? :
  1. Minimal satu hari satu artikel dan komitmen kan setiap hari
  2. jika tidak bisa 1 hari maka jadwalkan setiap minggu beberapa kali titik yang terpenting adalah konsisten update konten blog

7. Over Optimasi

terlalu berlebihan untuk optimasi blog bisa juga dapat menurunkan pengunjung secara drastis.

Sebagai pemula tentu kebingungan mengenai apa yang diinginkan oleh SEO blog. Para pakar seo sendiri juga tidak berani memutuskan secara pasti mengenai ilmu SEO.

Contoh over optimasi blog :
  1. Terlalu banyak backlink dan tidak memikirkan kualitas backlink
  2. Memasang backlink yang tidak teratur
  3. terlalu banyak menampilkan konten yang katanya lebih dari 1000 kata lebih baik. Padahal sebenarnya tidak ada yang menentukan minimal jumlah kata
  4. katanya dengan membagikan link dapat meningkatkan visitor dari media sosial. Padahal tidak dan walaupun sebenarnya bisa jadi iya.
  5. Dan lain sebagainya


Melakukan optimasi sebagaimana biasanya saja dan sewajarnya. Jangan terlalu over optimasi takutnya nanti akan menjadi spam blog. jika sudah menjadi spam blog maka pengunjung akan pergi dan menjadi sepi.

8. Mengabaikan SEO

Walaupun SEO masih terdengar ghaib, Anda harus tetap mempraktekkan SEO blog. Tetap berikan konten yang bermanfaat dan mudah di diterima oleh pengunjung.

SEO yang mendasar seperti apa yang dibutuhkan?
  1. Konten yang bermanfaat
  2. Mudah dipahami dengan bahasa manusia
  3. Memiliki reputasi baik
  4. Update konten secara komitmen
  5. Banyak orang yang kembali berdatangan ke blog anda
  6. Dan lain sebagainya
Mempraktekkan CEO itu mudah dan sulit. Tergantung bagaimana kita melakukannya.

Jika anda selalu mengupdate konten artikel dengan komitmen tanpa memperhatikan SEO, pengunjung akan terasa lama untuk berdatangan ke blog.

Sudah mempraktekkan SEO namun pengunjung masih turun? Ini bisa disebabkan karena peringkat blog yang masih rendah.

9. Peringkat Blog Rendah

Baru saja memakai blok peringkat tersebut masih sangat rendah. Hal tersebut dapat dilihat melalui peringkat dari authority domain tersebut.

Mungkin anda akan kesulitan untuk mendapati blog anda di bagian paling atas pencarian Google.

Cara Mengetahui Blog Peringkat Rendah :
  1. DA dan PA rendah (0-10)
  2. Spam Score tinggi (lebih dari 39)
  3. Usia domain/blog masih baru saja aktif
  4. Konten tidak searah
  5. Dan lain sebagainya

Berbeda dengan usia yang sudah lama aktif dengan memiliki konten yang berkualitas. Dengan memperhatikan SIUP blog pelan tapi pasti pengunjung akan semakin meningkat dan bukan turun drastis.

10. Tidak pernah riset keyword

ternyata dengan reset keyboard untuk membuat sebuah konten sangat penting. Walaupun tidak sepenting dengan poin di atas.

Reset keyboard berfungsi untuk membuat konten dengan menyesuaikan authority blognya. jika authority bloknya masih rendah maka buatlah konten artikel yang saingan nya masih sedikit.

11. Banyak Kesalahan di Google Webmaster

Melihat banyak notifikasi kesalahan di Google webmaster cukup mempengaruhi pengunjung blog yang menurun. 

ditemukan kesalahan berarti ada yang bermasalah sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain di website. Artinya konten artikel blog anda akan hilang di mesin pencari seperti Google.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?
  1. Buka website Google webmaster
  2. Login dengan akun web master anda
  3.  buka notifikasi di Google webmaster tersebut
  4. Selesaikan permasalahannya
Jika anda tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya silakan kunjungi kontak bantuan yang ada.

12. Banyak Link Spam

Ditemukan banyak links bank yang mengarah keluar dari blog, dapat membuat Google tidak suka terhadap website anda. hal ini dikarenakan Anda dianggap tidak terpercaya bahkan mengganggu kualitas yang sebenarnya dari blog.

13. Update Algoritma Google

Salah satu penyebab utama pengunjung turun drastis adalah update algoritma Google. Google menyukai seorang blogger yang jujur.

Kali ini update algoritma Google tidak bisa kita akali dengan cara apapun. Google memang canggih dan mampu menterjemahkan bahasa manusia titik jadi buatlah konten artikel sesederhana mungkin dan mudah dipahami oleh human / manusia.

Bagaimana jika pengunjung sudah terlanjur turun drastis? Apa yang menyebabkan pengunjung turun drastis dari pembaruan agoritma Google?

  1. Konten artikel copy paste
  2. Kurang dipahami oleh manusia
  3. Spam artikel
  4. Hasil dari auto generated content atau AGC
  5. Dan lain sebagainya
Bagaimana cara mengatasi pengunjung yang terbuat dari update algoritma?

  1. Tetap update konten artikel secara konsisten
  2. Pahami dari pembaruan algoritma Google
  3. Tetap buatlah konten artikel yang asli dan bermanfaat
  4. Buatlah apa yang menyembuhkan merasa terjawab dengan tulisan anda

Kesimpulan

Kesimpulan
Penyebab blog yang pengunjungnya turun drastis ada 13 yang utamanya adalah buatlah artikel yang asli dengan reputasi terbaik.

Informasi Mirip

1 komentar

  1. aduuh banyak yang harus dipikirkann ternyata ya
    Balas