Tampilkan postingan dengan label Pendidikan. Tampilkan semua postingan

 

SERBARENA - mencari contoh silabus mapel Qur'an Hadits kelas 7 semester 1 dan 2 bisa anda download di sini berupa dokumen. Silabus Qur'an Hadits yang berdasarkan kurikulum 13 tingkat SMP dan MTS sangat membantu oleh penduduk dalam menjalankan pembelajaran dengan siswa. maka dari itu disini saya menyediakan contoh silabus Qur'an Hadits kelas 7 semester 1 dan 2 tingkat SMP dan MTS untuk memudahkan Anda mengerjakan silabus.

Pahami dulu penjelasan mengenai silabus lebih detailnya ada di bawah sebelum mengerjakan silabus. Tanpa adanya silabus guru atau pendidik tidak akan berjalan dengan sempurna atau maksimal dalam pembelajaran terhadap siswa.

1. Pengertian Silabus

Pengertian silabus berdasarkan kunandar tahun 2011 yaitu rencana pembelajaran dengan satu atau kelompok siswa dan mata pelajaran yang mencakup:
  • Kompetensi dasar
  • Kegiatan pembelajaran materi pokok
  • Indikator pencapaian
  • Kompetensi penilaian
  • Apakah sewaktu dan
  • Sumber belajar
Secara sederhana silabus merupakan seperangkat alat untuk merencanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam waktu mendatang.

Misalnya pelajaran PKN (pendidikan kewarganegaraan) untuk kelas 7 tingkat SMP MTS. Seorang guru harus membuat laporan berupa dokumen dengan mapel PKN agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan sempurna.

Setiap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri mewajibkan untuk menugaskan guru membuat laporan tugas berupa silabus dengan format dokumen. Maka dari itu SerbArena memudahkan anda dengan memberikan contoh silabus kelas 7 tingkat SMP dan MTs dengan format doc.


2. Langkah-langkah Pengembangan Menurut Trianto Tahun 2010

  1. Mengkaji standar KI dan KD
  2. Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran yang menunjang pencapaian KD
  3. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian
  4. Menentukan jenis penilaian siswa berdasarkan indikator penggunaan tawas dalam bentuk tertulis
  5. Menentukan alokasi waktu pada setiap KD berdasarkan an hari dan mata pelajaran yang efektif
  6. Menentukan sumber belajar berdasarkan SK dan KD kepada siswa

3. Manfaat Membuat Silabus

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil nilai siswa mapel PKN kelas 7 tingkat SMP MTS, ada manfaat yang harus Anda pahami :
  1. bentuk pedoman dalam mengembangkan RPP lebih lanjut
  2. Sebagai pedoman pembelajaran, pengolahan dan pengembangan sistem penilaian terhadap siswa
  3. Memudahkan proses belajar mengajar dalam waktu tertentu
  4. Memiliki pedoman dengan kompetensi dasar berstandar nasional
  5. Silabus dapat digunakan untuk mengolah rancangan pembelajaran kecil maupun besar
  6. sangat bermanfaat dalam membuat hasil penilaian terhadap siswa dengan kompetensi dasar berdasarkan standar nasional

4. Isi / Konten Silabus Qur'an Hadits

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah dan termasuk identitas pada umumnya seperti nama pelajaran dan kelas
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Tema (khusus SD/MI/SLDB/Paket A dll)
  6. Materi pokok :
    • Membuat fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • Prosedur yang relevan
    • Semua ditulis dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  7. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dan pendidik untuk mencapai kompetensi
  8. Penilaian dalam menentukan pencapaian hasil belajar
  9. Alokasi waktu
  10. Sumber belajar yang bisa berupa buku, media cetak dan elektronik

5. Qur'an Hadits Kelas 7

Pengertian Qur'an Hadits

Secara bahasa, kata Al-Qur'an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja Qoro-'artinya membaca. ... Sedangkan secara istilah, hadits adalah “segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapannya (taqrir)” (Sumber : brainly).

Pendidikan al-Qur’an Hadits di Madrasah sebagai bagian yang integral dari pendidikan agama Islam, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi secara subtansial mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits memiliki kontibusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama Islam sebagaimana yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun fungsi dari mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Islam yang telah mulai dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
  2. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat mempengaruhi diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  4. Pembiasaan, yaitu menjadikan nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupannya sehari-hari peserta didik.

6. Kesimpulan

Mengerjakan silabus mata Qur'an Hadits kelas 7 semester 1 dan 2 berupa dokumen bisa anda download disini sebagai contoh pengerjaan silabus. dengan sila bos pendidik dapat dengan mudah dan lancar dalam mengajar terhadap siswa titik mengingat pelajaran Qur'an Hadits sangat penting guna untuk mempelajari struktur, pecahan, pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya.

7. Download Silabus Qur'an Hadits Kelas 7

Download Contoh Silabus Qur'an Hadits Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 1
Download Contoh Silabus Qur'an Hadits Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 2

Contoh RPP Terbaru K13
SERBARENA
 - mengerjakan RPP untuk kelas 7 semester 2 dengan mata pelajaran Alquran hadis pemuda yang kalian bayangkan. SerbArena berikan contoh berupa dokumen untuk RPP Alquran hadits kelas 7 semester 2 genap dengan k13. Untuk itu scroll ke bawah untuk informasi mengenai RPP Qur'an Hadits kelas 7.

Pahami dulu tentang informasi dasar dari RPP seperti definisi, komponen dan lain sebagainya.

1. Definisi RPP

RPP atau biasa disebut rancangan pelaksanaan pembelajaran adalah perencanaan pembelajaran di waktu mendatang untuk pelajaran dengan siswa. Seorang pendidik atau guru dalam mengajarkan siswa harus memiliki RPP. Ada pembukuan atau tulisan dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran.

Dalam sebuah lembaga atau pendidikan harus dalam membuat RPP terutama mabel al-quran hadis kelas 7 semester 2 genap. 

Tujuan pembelajaran Alquran hadis dengan RPP adalah untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan belajar siswa. Selain itu siswa bisa memiliki hasil pencapaian kompetensi dasar dalam menggali ilmu.

Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa RPP adalah rencana kegiatan belajar mengajar dengan satu pertemuan atau lebih dengan tatap muka. Dikembangkan dari silabus dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD)

Perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Qur'an Hadits kelas 7 dengan K13 setidaknya terdapat:
  • Tujuan pembelajaran
  • Materi ajar
  • Metode pengajaran
  • Sumber belajar
  • Dan hasil belajar
Mata pelajaran matematika dalam membuat RPP yang berdasarkan silabus. Untuk itu pahami lebih dulu mengenai penjelasan dari MTK berikut.

2. Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 2

Pengertian Qur'an Hadits

Definisi dari Alquran secara bahasa adalah bentuk kata benda dari kata qoro' artinya adalah membaca.

 Sedangkan secara istilah hadis adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, ketetapan dan perbuatan.

Pendidikan Alquran hadis kelas 7 semester 2 sangat penting untuk diajarkan kepada siswa dengan menggunakan k13. 

level al-quran hadits bukan satu-satunya faktor yang menentukan watak dan kepribadian siswa. Melainkan secara substansial memiliki kontribusi dalam memotivasi siswa terhadap nilai agama Islam.

Adapun fungsi dari mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Islam yang telah mulai dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
  2. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat mempengaruhi diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  4. Pembiasaan, yaitu menjadikan nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupannya sehari-hari peserta didik.

3. Konten RPP Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs K13

  • KI dan KD
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media dan Bahan
  • Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran Remedial
  •  Pengayaan

4. Contoh Format RPP Qur'an Hadits Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: ................................
Kelas/ Semester: ..................................
Tema/ Subtema: ....................................
Alokasi Waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
  • ....................... (KD pada KI-1)
  • ....................... (KD pada KI-2)
  • ....................... (KD pada KI-3)
  • Indikator: .......................
  • ....................... (KD pada KI-4)
  • Indikator: .......................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Pendahulaun (... menit)
  • Kegiatan Inti (... menit)
  • Penutup (... menit)
H. Penilaian
  • Jenis/ Teknis Penilaian
  • Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  • Pedoman Penskoran

5. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 2

  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

6. Materi Pembelajaran Qur'an Hadits SMP / MTs Kelas 7 Semester 2

Materi pembelajaran pada Qur'an hadits MTs Kelas 7 Kurikulum 2013, antara lain:Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  • Mendefinisikan pengertian al-Qur’an
  • Menjelaskan pengertian al-Hadis
  • Menyebutkan fungsi al-Qur’an
  • Mendiskripsikan cara efektif memfungsikan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

8. Download RPP Qur'an Hadits Kelas 7 doc SMP/MTs Semester 2 K13

RPP Al-Qur’an Hadist BAB 4 Download doc
RPP Al-Qur’an Hadist BAB 5 Download doc
RPP Al-Qur’an Hadist BAB 6 Download doc

Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula
SERBARENA - Kamu hobi membaca dan menulis? Ingin membuat sebuah cerita pendek namun kamu bingung harus mulai dari mana? Atau kamu tiba-tiba mendapat ide bagus tapi buntu bagaimana cara menuangkan idemu dalam sebuah karya?

Cerpen atau cerita pendek adalah bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa, dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis. (Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Cerita_pendek)

Nah setelah tahu apa pengertian cerpen, kamu juga harus baca tips-tips ampuh untuk membuat cerpen. Nah apa saja tipsnya? Simak yuk!

Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula

1. Tentukan Tema

Tema adalah ide atau gagasan yang mendasari  sebuah cerita. Tema bisa beragam macamnya; ada tema cinta, keluarga, pendidikan, sosial, politik, dan sebagainya. Nah tips untuk kamu yang masih pemula dalam menulis cerpen, carilah tema yang sederhana. Pilihlah tema yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harimu. Pengalaman juga boleh kok. 

 Usahakan untuk tidak menggunakan tema-tema berat seperti penelitian atau sejarah ya guys, karena nantinya selain kamu harus menulis ceritamu,- kamu juga harus melakukan riset detail. Itu akan sedikit lebih merepotkan.

2. Hidupkan tokoh 

Tips selanjutnya untuk menulis cerpen adalah, bangun tokoh dan karaktermu. Tokoh harus senyata mungkin yah guys. Jangan sampai kamu bikin para pembaca mengernyit heran dengan tokoh yang kamu ceritakan. Walaupun yang kamu ceritakan adalah tokoh khayalan sekalipun, usahakan tetap bisa membuat pembaca ngeh dengan apa yang kamu maksud.

Nah untuk tips membangun tokoh dan karakternya dalam ceritamu, kamu bisa tuh membayangkan karakter tokohmu dengan orang-orang di sekitarmu. Atau dengan orang-orang didunia nyata. Visualisasikan tokohmu semirip mereka. Itu bisa memudahkanmu saat menulis, ketika kamu membayangkan tokoh dan konfliknya dalam benakmu. Seperti memutar film.

3. Buat konflik yang sederhana, dengan melibatkan beberapa tokoh yang tidak terlalu banyak. 

Seperti yang kita tahu, bahwa cerpen adalah cerita yang singkat dan langsung pada intinya. Nah maka dari itu, buatlah konflik atau permasalahan sederhana dan tidak melibatkan banyak tokoh. Kenapa? Sebab konflik terlalu rumit dan tokoh yang banyak membuat penyelesaian konflik akan semakin lama. Bisa-bisa malah ada yang belum selesai. Kan ribet?

4. Gunakan Alur Maju

Alur atau plot merupakan urutan terjadinya peristiwa. Secara garis besar, alur ada tiga macam nih. Ada alur maju, alur mundur juga alur campuran. 

Nah untuk kamu yang masih pemula saat menulis cerpen, kamu bisa pakai alur maju. Alur ini lebih memudahkan kamu karena alur ini berjalan runtut ke masa depan. Kamu tidak perlu membuat ceritamu berbelok-belok. Cerita dengan alur maju pun lebih mudah dipahami pembaca. 

Contoh alur maju : kamu menceritakan perjuangan tokoh utamamu dari sekolah, kuliah dan sukses setelah bekerja.

5. Pakai sudut pandang yang unik

Tips selanjutnya adalah gunakan sudut pandang, yang mana orang-orang tidak menyangka kamu akan pakai sudut pandang seperti itu. Sudut pandang yang spesial ini akan membuat para pembaca mengenal siapa penulisnya. Bisa jadi malah cerpenmu selalu dinanti-nanti karena punya ciri khas.

Misalnya : apa pendapat kalian tentang kerupuk? Aku selalu iri pada kerupuk. Kulitnya putih bersih dan badannya ringan. Dan dia selalu dicari orang. Tidak sepertiku.

6. Mulai menulis. 

Udah baca tips-tips diatas tapi masih mager buat nulis? 
Ayo semangati dirimu. Menulis itu mudah, apalagi di zaman sekarang. Kamu bisa tuangkan idemu di buku kecil yang biasa kamu bawa ke mana-mana. Kamu bahkan bisa menulisnya dalam smartphone mu. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu download secara gratis untuk mendukungmu dalam menulis. Jadi tunggu apalagi?

7. Perbanyak referensi bacaan dan berlatih

Setelah mulai menulis, kamu akan jadi lebih terbiasa. Banyaklah membaca buku untuk mendapatkan referensi dan memperbanyak kosakata. Teruslah berlatih menulis apa saja yang terbesit diotakmu, kapan pun dan dimana pun. Kamu akan jadi penulis hebat.

Selingi untuk jalan-jalan juga ya guys. Untuk me-refresh otak kita yang mudah jenuh.

8. Buatlah kerangka sederhana dari awal dan bagaimana cerita itu akan berakhir dalam satu paragraf. 

Ini nih yang sering diabaikan oleh para penulis pemula. Kerangka. Sangking enaknya menulis, eh pas ditengah-tengah ada urusan, pas balik mau nulis lagi. Eh lupa. 

Nah di sinilah pentingnya kerangka. Kamu bisa membayangkan bagaimana kisahmu akan berakhir, dan tidak melebar ke mana-mana. Kerangka juga bisa berfungsi sebagai pengingat loh, pas kadang-kadang kamu lupa mau nulis apa atau mau melanjutkan kayak gimana. So jangan lupa untuk menulis kerangka ceritamu ya guys.

9. Jurus terakhir, yang paling ampuh : kalau sudah mentok, ya udah anggap saja tamat.

Pernah merasa buntu ditengah-tengah? Udah mikir keras, tapi nggak nemu-nemu inspirasi? 

Jangan menyerah karena mentok guys. Anggep aja kalau mentok berarti tamat. Sesimpel itu. 

Kenapa? Karena jika kamu terlalu memikirkan kebuntuan idemu, kamu akan terhambat untuk menyelesaikan karyamu yang lain. Kan sayang banget tuh. 

Itulah tips-tips menulis cerpen ala mimin. Udah siap nulis sekarang? Udah nggak bingung lagi?

Semangat yah! Kamu pasti bisa! 

Contoh RPP Terbaru K13
SERBARENA - pembuatan RPP Qur'an Hadits kelas 7 semester 1 tidaklah mudah mainkan harus mempertimbangkan kompetensi yang ada. saya memberikan contoh RPP Qur'an Hadits kelas 7 semester 1 dengan k13 untuk didownload. Silakan Anda download contoh RPP Qur'an Hadits berubah dokumen sebagai contoh atau dasar pembuatan RPP.

1. Definisi RPP

RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) secara bahasa yang mudah dipahami adalah rancangan pembelajaran di waktu mendatang untuk belajar mengajar. Tanpa adanya RPP semua pembelajaran baik lembaga maupun madrasah tidak akan berjalan dengan sempurna.

Siswa kelas 7 semester 1 tingkat SMP atau MTS membutuhkan pembelajaran dengan rencana yang sangat optimal melalui RPP. Maka dari itu harapan pembuatan RPP dengan mata pelajaran Qur'an Hadits + 7 maka siswa dapat mencapai kompetensi minimal.

Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa RPP adalah rencana kegiatan belajar mengajar dengan satu pertemuan atau lebih dengan tatap muka. Dikembangkan dari silabus dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD)

Perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Qur'an Hadits kelas 7 dengan K13 setidaknya terdapat:
  • Tujuan pembelajaran
  • Materi ajar
  • Metode pengajaran
  • Sumber belajar
  • Dan hasil belajar
Mata pelajaran matematika dalam membuat RPP yang berdasarkan silabus. Untuk itu pahami lebih dulu mengenai penjelasan dari MTK berikut.

2. Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 1

Pengertian Qur'an Hadits

Secara bahasa, kata Al-Qur'an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja Qoro-'artinya membaca. ... Sedangkan secara istilah, hadits adalah “segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapannya (taqrir)” (Sumber : brainly).

Pendidikan al-Qur’an Hadits di Madrasah sebagai bagian yang integral dari pendidikan agama Islam, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi secara subtansial mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits memiliki kontibusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama Islam sebagaimana yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun fungsi dari mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Islam yang telah mulai dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
  2. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat mempengaruhi diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  4. Pembiasaan, yaitu menjadikan nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupannya sehari-hari peserta didik.

3. Konten RPP Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs K13

  • KI dan KD
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media dan Bahan
  • Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran Remedial
  •  Pengayaan

4. Contoh Format RPP Qur'an Hadits Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: ................................
Kelas/ Semester: ..................................
Tema/ Subtema: ....................................
Alokasi Waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
  • ....................... (KD pada KI-1)
  • ....................... (KD pada KI-2)
  • ....................... (KD pada KI-3)
  • Indikator: .......................
  • ....................... (KD pada KI-4)
  • Indikator: .......................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Pendahulaun (... menit)
  • Kegiatan Inti (... menit)
  • Penutup (... menit)
H. Penilaian
  • Jenis/ Teknis Penilaian
  • Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  • Pedoman Penskoran

5. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP Qur'an Hadits Kelas 7 Semester 1

  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

6. Materi Pembelajaran Qur'an Hadits SMP / MTs Kelas 7 Semester 1

Materi pembelajaran pada Qur'an hadits MTs Kelas 7 Kurikulum 2013, antara lain:Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  • Mendefinisikan pengertian al-Qur’an
  • Menjelaskan pengertian al-Hadis
  • Menyebutkan fungsi al-Qur’an
  • Mendiskripsikan cara efektif memfungsikan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

8. Download RPP Qur'an Hadits Kelas 7 doc SMP/MTs Semester 1 K13

RPP Al-Qur’an Hadist BAB 1 Download doc
RPP Al-Qur’an Hadist BAB 2 Download doc
RPP Al-Qur’an Hadist BAB 3 Download doc

2

Flashback ke setelah episode 1...

Kakak Rani kecil pergi meninggalkan rumah akibat dari perjodohan yang dilakukan kedua orang tuanya, orang tua Rani merasa kakaknya sudah diluar dari batas karena sering membawa laki-laki ke rumah dan sering pergi tanpa izin. Rani merasakan hancur seharusnya gadis seusianya mendapatkan kasih sayang yang lebih perhatian dan lain sebagainya namun malah sebaliknya Rani harus memahami keadaan yang tak seharusnya ia pikirkan.


Hampir selama 14 hari orang tua Rani jarang di rumah Meraka pergi mencari kakaknya yang pergi entah kemana hingga pada saat malam darihenpon yang ditinggalkan oleh kakak Rani berbunyi


Tring….tring….tring…halo ( saut Rani)


Halo dek ini kakak( sambil menangis) jangan sedih ya kakak sekarang udah kerja kok udah enak bilang ibu dan bapak tidak mencari lagi kakak dimana..kakak bahagia Tut…Tut…Tut…bunyi telpon yang sudah di matikan oleh kakak Rani


Kakak…kak Rani terus memanggil dan tak ada jawaban

Siapa nak (ibu Rani bertanya dengan binggung)

Kakak Bu (jawab Rani)


Dari telepon itu nomornya disembunyikan dan sulit untuk dilakukan pencarian, hilangnya kakak Rani memmang tidak dilakukan pelaporan karena ibu dan ayah Rani takut Keluarga dari laki-laki yang akan di jodohkan mengetahui. Rani kecil selalu berdoa semoga kakaknya lekas pulang agr kedua orang tuanya tidak bersedih lagi.


Rani tidak memikirkan ujian nasional yang akan di selenggarakan 5 hari lagi dengan beban di pikirkan Rani ia hanya ingin melupakan segalanya tentang masalahnya yang sedang dihadapi oleh dirinya, Rani sangat menyukai suasana hening, ia tidak begitu tertarik dengan permainan bersama teman-teman sebayanya apa lagi di usianya banyak temannya yang sudah pacaran, pacaran saja Rani tidak mengerti dan hanya satu di pikirkan Rani laki-laki itu hanya penghancur dia membenci laki laki.


Ujian nasional akhirnya berlangsung sungguh Rani tidak begitu mengerti dengan apa yang ada didepannya, Rani memang tak begitu pintar apalagi saat di kelas Rani lebih suka bermain dari pada belajar apalagi guru di sekolahnya pilih kasih. Hanya memperdulikan siswa yang disayanginya. Orang tua Rani juga tak begitu perduli dengan Rani hingga Rani pun cuek pada segalanya termasuk dengan ujiannya yang ditakuti oleh semua temannya.


Rani mengerjakan dengan asal asalan. Benar sekali hasilnya ujian Nasional Rani benar-benar ta memuaskn dia urutan terendah ke 10. Dan orang tua Rani cukup cuek pada Rani. Rani pada saat itu akan di taruh di sekolah yang dekat dengan rumahnya ia tak mau dan ia ingin sekali bersekolah di sekolah yang libur di hari Minggu dan ia bersekolah jauh dari rumahnya dengan sarat ia harus bisa mendapatkan peringkat disekolah Rani sepakat pada sarat itu akhirnya di sekolahkan pada sekolah yang jau dan libur di hari Minggu.


SMP itu benar-benar berbeda temany pun aneh-aneh bagi rani yang polos. Disana temanya perempuannya banyak yang sudah panda bersolek, dalam hati saat Rani disuruh memperkenalkan diri “ini mereka mau sekolah apa mau nari sih hehe” 


Halo perkenalkan nama saya Rani

Halo rani (teman Rani menjawab ) 


Kakak kelas nya menyuruh Rani duduk benar saja ranj sebagi siswa baru masih harus di MOS, Rani duduk dan emang Rani gadis cuek dan pendiam, 

Baca juga : Tips Ampuh Menulis Cerpen untuk Pemula

Hai rani nama aku yesy

Oh Hay yesy 


Lalu terdengar kakak kelas  yang bisa di bilang idola karena bakatnya menyanyi tapi emang sih keren, Rani yang di di pandang begitu cuek dan datar dengan pandangan padahal seisi kelas membicarakan bahwa kakak kelasnya itu tampan tapi tak sedikit pun Rani menoleh, Rani asik denga bukunya.

Hingga waktu istirahat tiba kakak kelas itu menghampiri rani Yang tengah asik sama yesy bercerita tentang sekolahnya yang dulu.


Oh Hay dek?

Iya. Kak saut yesy

Namamu siapa ?

Yesy kak

Bukan kamu dek tapi yang satunya

“ Rani”(tetap cuek)

Boleh aku ikut gabung dengan kalian 


Rani berdiri dan langsung pergi dengan alasan ke kamar mandi. Entah saat itu Rani hanay ingin dapat peringkat disekolah sebagaimana janji pada kedua orang tuanya. Saat malam MOS terakhir kakaknya di saat api unggun tengah bernyanyi 

Lagu ini untuk Rani 

Rani terkeju dengan ditatap oleh semua temannya, Rani hanya melihat kakak kelasnya dengan wajahnya yang kesal dan cemberut,hal itu malah membuat kakak kelasnya tersenyum, kakak kelasnya itu bernama  Ahmad. 

Alunan gitar di tengah api unggun dan nyayian merdu Ahmad membuat suasana terasa indah bagi semua siswa tapi bagi Rani itu momen memalukan. Ia sangat 


Bersambung...

SERBARENA - mencari contoh silabus mapel MTK (matematika) kelas 7 semester 1 dan 2 bisa anda download di sini berupa dokumen. Silabus MTK yang berdasarkan kurikulum 13 tingkat SMP dan MTS sangat membantu oleh penduduk dalam menjalankan pembelajaran dengan siswa. maka dari itu disini saya menyediakan contoh silabus MTK kelas 7 semester 1 dan 2 tingkat SMP dan MTS untuk memudahkan Anda mengerjakan silabus.

Pahami dulu penjelasan mengenai silabus lebih detailnya ada di bawah sebelum mengerjakan silabus. Tanpa adanya silabus guru atau pendidik tidak akan berjalan dengan sempurna atau maksimal dalam pembelajaran terhadap siswa.

1. Pengertian Silabus

Pengertian silabus berdasarkan kunandar tahun 2011 yaitu rencana pembelajaran dengan satu atau kelompok siswa dan mata pelajaran yang mencakup:
  • Kompetensi dasar
  • Kegiatan pembelajaran materi pokok
  • Indikator pencapaian
  • Kompetensi penilaian
  • Apakah sewaktu dan
  • Sumber belajar
Secara sederhana silabus merupakan seperangkat alat untuk merencanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam waktu mendatang.

Misalnya pelajaran PKN (pendidikan kewarganegaraan) untuk kelas 7 tingkat SMP MTS. Seorang guru harus membuat laporan berupa dokumen dengan mapel PKN agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan sempurna.

Setiap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri mewajibkan untuk menugaskan guru membuat laporan tugas berupa silabus dengan format dokumen. Maka dari itu SerbArena memudahkan anda dengan memberikan contoh silabus kelas 7 tingkat SMP dan MTs dengan format doc.


2. Langkah-langkah Pengembangan Menurut Trianto Tahun 2010

  1. Mengkaji standar KI dan KD
  2. Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran yang menunjang pencapaian KD
  3. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian
  4. Menentukan jenis penilaian siswa berdasarkan indikator penggunaan tawas dalam bentuk tertulis
  5. Menentukan alokasi waktu pada setiap KD berdasarkan an hari dan mata pelajaran yang efektif
  6. Menentukan sumber belajar berdasarkan SK dan KD kepada siswa

3. Manfaat Membuat Silabus

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil nilai siswa mapel PKN kelas 7 tingkat SMP MTS, ada manfaat yang harus Anda pahami :
  1. bentuk pedoman dalam mengembangkan RPP lebih lanjut
  2. Sebagai pedoman pembelajaran, pengolahan dan pengembangan sistem penilaian terhadap siswa
  3. Memudahkan proses belajar mengajar dalam waktu tertentu
  4. Memiliki pedoman dengan kompetensi dasar berstandar nasional
  5. Silabus dapat digunakan untuk mengolah rancangan pembelajaran kecil maupun besar
  6. sangat bermanfaat dalam membuat hasil penilaian terhadap siswa dengan kompetensi dasar berdasarkan standar nasional

4. Isi / Konten Silabus MTK

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah dan termasuk identitas pada umumnya seperti nama pelajaran dan kelas
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Tema (khusus SD/MI/SLDB/Paket A dll)
  6. Materi pokok :
    • Membuat fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • Prosedur yang relevan
    • Semua ditulis dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  7. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dan pendidik untuk mencapai kompetensi
  8. Penilaian dalam menentukan pencapaian hasil belajar
  9. Alokasi waktu
  10. Sumber belajar yang bisa berupa buku, media cetak dan elektronik

5. MTK (Matematika) Kelas 7 Semester 1 dan 2

Pengertian

Dalam bahasa Yunani MTK atau matematika memiliki arti pengetahuan, pemikiran dan pembelajaran. Berbeda dengan dari Indonesia mengenai definisi dari MTK.

MTK atau matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur, pecahan, pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya.

Daftar Materi Matematika SMP :
  1. Rumus Perpangkatan & Bentuk Akar
  2. Rumus Barisan & Deretan Aritmatika
  3. Rumus Deret Geometri
  4. Perbandingan Bertingkat
  5. Rumus Bangun Tabung
  6. Rumus Bangun Kerucut
  7. Rumus Bangun Bola
  8. Statistika
  9. Mean (Nilai Rata-Rata)
  10. Median (Nilai Tengah)
  11. Modus (Nilai yang sering muncul)
  12. Rumus Peluang
  13. Koordinat Kartesius
  14. Rumus Fungsi Kuadrat

Tujuan Pembelajaran MTK

Pelajaran matematika kelas 7 semester 1 dan 2 berdasarkan Silabus memiliki tujuan antara lain ;
  • Agar siswa sanggup menghadapi perubahan pola pikir dalam hidup karena perkembangan hidup selalu berkembang.
  • Agar siswa menggunakan MTK bisa menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai ilmu pengetahuan
  • Untuk melatih cara berpikir dan bernalar serta menarik kesimpulan.
  • untuk mengembangkan pola pikir yang berkreatif melibatkan imajinasi, instusi dan penemuan.
  • Untuk mengembangkan kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah
  • untuk menyampaikan informasi atau komunikasi melalui lisan, catatan grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasannya

6. Kesimpulan

Mengerjakan silabus mata MTK kelas 7 semester 1 dan 2 berupa dokumen bisa anda download disini sebagai contoh pengerjaan silabus. dengan sila bos pendidik dapat dengan mudah dan lancar dalam mengajar terhadap siswa titik mengingat pelajaran matematika sangat penting guna untuk mempelajari struktur, pecahan, pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya.

7. Download Silabus MTK Kelas 7

Download Contoh Silabus MTK Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 1
Download Contoh Silabus MTK Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 2

Contoh RPP Terbaru K13
SERBARENA - pembuatan RPP MTK kelas 7 semester 2 tidaklah mudah mainkan harus mempertimbangkan kompetensi yang ada. saya memberikan contoh RPP MTK kelas 7 semester 2 dengan k13 untuk didownload. Silakan Anda download contoh RPP MTK berubah dokumen sebagai contoh atau dasar pembuatan RPP.

1. Definisi RPP

RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) secara bahasa yang mudah dipahami adalah rancangan pembelajaran di waktu mendatang untuk belajar mengajar. Tanpa adanya RPP semua pembelajaran baik lembaga maupun madrasah tidak akan berjalan dengan sempurna.

Siswa kelas 7 semester 2 tingkat SMP atau MTS membutuhkan pembelajaran dengan rencana yang sangat optimal melalui RPP. Maka dari itu harapan pembuatan RPP dengan mata pelajaran IPS + 7 maka siswa dapat mencapai kompetensi minimal.

Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa RPP adalah rencana kegiatan belajar mengajar dengan satu pertemuan atau lebih dengan tatap muka. Dikembangkan dari silabus dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD)

Perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPS kelas 7 dengan K13 setidaknya terdapat:
  • Tujuan pembelajaran
  • Materi ajar
  • Metode pengajaran
  • Sumber belajar
  • Dan hasil belajar
Mata pelajaran matematika dalam membuat RPP yang berdasarkan silabus. Untuk itu pahami lebih dulu mengenai penjelasan dari MTK berikut.

2. MTK (Matematika) Kelas 7 Semester 2

Pengertian

MTK (Matematika) dalam bahasa Yunani yaitu pengetahuan, pemikiran dan pembelajaran. MTK adalah ilmu yang mempelajari hal-hal berupa pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, struktur, pecahan dan lain sebagainya

Daftar Materi Matematika SMP
  1. Rumus Perpangkatan & Bentuk Akar
  2. Rumus Barisan & Deretan Aritmatika
  3. Rumus Deret Geometri
  4. Perbandingan Bertingkat
  5. Rumus Bangun Tabung
  6. Rumus Bangun Kerucut
  7. Rumus Bangun Bola
  8. Statistika
  9. Mean (Nilai Rata-Rata)
  10. Median (Nilai Tengah)
  11. Modus (Nilai yang sering muncul)
  12. Rumus Peluang
  13. Koordinat Kartesius
  14. Rumus Fungsi Kuadrat

Tujuan Pembelajaran MTK

Pelajaran matematika kelas 7 semester 2 berdasarkan RPP memiliki tujuan antara lain ;
  • agar siswa sanggup menghadapi perubahan pola pikir dalam hidup karena perkembangan hidup selalu berkembang.
  • Agar siswa menggunakan MTK bisa menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai ilmu pengetahuan
  • Untuk melatih cara berpikir dan bernalar serta menarik kesimpulan.
  • untuk mengembangkan pola pikir yang berkreatif melibatkan imajinasi, instusi dan penemuan.
  • Untuk mengembangkan kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah
  • untuk menyampaikan informasi atau komunikasi melalui lisan, catatan grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasannya

3. Konten RPP MTK Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs K13

  • KI dan KD
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media dan Bahan
  • Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran Remedial
  •  Pengayaan

4. Contoh Format RPP MTK Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: ................................
Kelas/ Semester: ..................................
Tema/ Subtema: ....................................
Alokasi Waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
  • ....................... (KD pada KI-1)
  • ....................... (KD pada KI-2)
  • ....................... (KD pada KI-3)
  • Indikator: .......................
  • ....................... (KD pada KI-4)
  • Indikator: .......................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Pendahulaun (... menit)
  • Kegiatan Inti (... menit)
  • Penutup (... menit)
H. Penilaian
  • Jenis/ Teknis Penilaian
  • Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  • Pedoman Penskoran

5. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP IPS Kelas 7 Semester 2

  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

6. Materi Pembelajaran IPS SMP / MTs Kelas 7 Semester 2

Materi pembelajaran pada IPS MTs Kelas 7 Kurikulum 2013, antara lain:Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  • Bilangan
  • Himpunan
  • Aljabar
  • Persamaan dan pertidaksamaan liner satu variabel

8. Download RPP IPS Kelas 7 doc SMP/MTs Semester 2 K13

RPP Matematika BAB 3.1 Download kelas 7 semester 2
RPP Matematika BAB 3.2 Download kelas 7 semester 2
RPP Matematika BAB 3.3 Download kelas 7 semester 2
RPP Matematika BAB 3.4 Download kelas 7 semester 2
RPP Matematika BAB 3.5 Download kelas 7 semester 2

GuruKilat - mengulas lengkap mengenai silabus dalam pembelajaran oleh pendidik atau guru hukumnya penting. dalam rangka melancarkan kegiatan belajar-mengajar untuk periode kedepan menggunakan silabus dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Dengan silabus pendidikan atau guru dapat mengukur kualitas pembelajaran oleh peserta didik atau siswa.

Pengertian Silabus

Menurut KTSP

Berdasarkan dokumen tentang KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), silabus adalah rencana pembelajaran pada satu atau banyak kelompok dengan mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup:
  • Standar kompetensi
  • Kompetensi dasar
  • Materi pokok atau pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
  • Penilaian
  • Alokasi waktu dan
  • Sumber belajar

Menurut Salim, 1987:98

Silabus menurut Salim, 1987:98 adalah garis besar, ringkasan, ikhtisar qtau pokok-pokok isi atau materi pembelajaran.

Menurut Kunandar, 2011:244

Pengertian silabus oleh Kunandar, 2011: 244 adalah sebuah rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mapel atau tema yang mencakup antara lain :
  • Standar kompetensi
  • Kompetensi dasar
  • Materi pokok atau pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
  • Penilaian
  • Alokasi waktu dan
  • Sumber belajar

Menurut Trianto, 2010:96

Sedangkan menurut Trianto, 2010:96 silabus merupakan rencana pembelajaran untuk satu atau kelompok mata pelajaran yang mencakup:
  • Standar kompetensi
  • Kompetensi dasar
  • Materi pokok atau pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Indikator
  • Pencapaian kompetensi untuk penilaian
  • Alokasi waktu
  • Sumber belajar

Kesimpulan Pengertian Silabus

Pengertian dari silabus oleh tokoh di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa silabus merupakan rencana pembelajaran untuk satu atau kelompok dalam mencapai kompetensi standar.

Silabus disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen dalam mencapai kompetensi dasar.

Tanpa adanya silabus kegiatan belajar mengajar antara guru dengan siswa tidak akan berjalan dengan sempurna titik dengan silabus siswa mampu mencapai kompetensi dasar yang yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Setelah memahami tentang definisi dari silabus langkah selanjutnya adalah membuat RPP (rancangan perencanaan pembelajaran). Namun RPP ini dapat anda pahami di website GuruKilat disini. Silakan petik RPP di kolom pencarian dan anda akan menemukannya.

Komponen-Komponen Silabus

Pembuatan silabus harus meliputi beberapa komponen yang ada. Seorang guru atau pendidik jika tidak memperhatikan komponen dalam pembuatan silabus tidak akan bisa berjalan dengan sempurna dalam pembelajaran.

Adapun komponen-komponen dalam silabus antara lain :
 

1. Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Inti (KI) adalah gambaran mengenai kompetensi dalam :
  • Aspek sikap
  • Nilai agama
  • Ilmu pengetahuan
  • Keterampilan
Yang harus dipelajari oleh peserta 7 untuk jenjang sekolah berdasarkan kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi inti atau kaki merupakan terjemahan dari standar kompetensi kelulusan dalam bentuk kualitas melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.

Setiap mata pelajaran dalam kaki harus relevan dengan kompetensi inti.

2. Kompetensi Dasar (KD)

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang lebih spesifik mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. KD bisa berkembang karena adanya KI.

Kompetensi dasar mata pelajaran harus memperhatikan urutan berdasarkan konsep disiplin ilmu sesuai dengan:
  • Tingkat kesulitan materi
  • Keterkaitan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar
  • Keterkaitan antara standar kompetensi dengan kompetensi dasar mata pelajaran

3. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi adalah sebuah perilaku yang bisa diukur dalam menunjukkan tercapainya kepetek dasar tertentu oleh mata pelajaran.

Indikator yang digunakan dapat ditandai melalui perubahan perilaku siswa yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

4. Materi Pokok

Materi pokok merupakan materi yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar yang disusun berdasarkan indikator pencapaian belajar.

Secara garis besar materi pokok memuat :
  • Fakta
  • Konsep
  • Prinsip dan
  • Prosedur yang relevan
Semua materi pokok di atas ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

5. Pembelajaran

Pembelajaran yang dimaksud merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan tatap muka atau tidak dan didasarkan dengan pengalaman belajar.

Kegiatan belajar mengajar dapat memberikan pengalaman belajar dan melibatkan mental serta fisik melalui:
  • Interaksi antar peserta didik
  • Peserta didik dengan guru atau pendidik
  • Lingkungan dan
  • Sumber belajar

6. Penilaian

Penilaian dalam silabus merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperoleh menganalisis dan menafsirkan data dari hasil belajar siswa. Dengan ini nilai siswa dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.

Hasil penilaian siswa dapat menentukan tindak lanjut untuk kedepannya. Bisa jadi dalam bentuk remedial yang siswanya tidak dapat mencapai kompetensi standar dan program pengayaan juga.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu dibutuhkan untuk mencapai sebuah kompetensi. Mengalokasikan waktu dalam membuat silabus disesuaikan dengan jumlah jam mata pelajaran berdasarkan struktur kurikulum untuk satu semester atau setahun.

Penentuan alokasi waktu berdasarkan pada jumlah Minggu efektif dan waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan :
  • Jumlah kompetensi dasar
  • Keluasan materi
  • Kedalaman
  • Tingkat kesulitan dan
  • Tingkat kepentingan kompetensi dasar

8. Sumber belajar

Sumber belajar merupakan rujukan objek atau bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Seorang siswa harus memiliki sumber bahan materi.

Sumber pembelajaran dapat berupa :
  • Media cetak
  • Elektronik
  • Narasumber
  • Lingkungan fisik
  • Alam
  • Sosial dan
  • Budaya
Penentuan sumber belajar didasarkan pada :
  • Standar kompetensi
  • Kompetensi dasar
  • Materi pokok
  • Kegiatan pembelajaran dan
  • Indikator pencapaian kompetensi

Langkah pengembangan silabus oleh Trianto, 2010 :

  1. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum dalam standar isi
  2. Mengidentifikasi materi pokok atau pembelajaran dalam menunjang pencapaian kompetensi dasar
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dalam rangka pencapaian KD
  4. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar yang digunakan untuk menyusun alat penilaian
  5. Menentukan jenis penilaian berdasarkan indikator dan penilaian dilakukan secara tertulis
  6. Menentukan alokasi waktu pada setiap KD untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam
  7. Menentukan sumber belajar berdasarkan SK dan KD serta materi pokok atau pembelajaran dalam mencapai indikator kompetensi

Manfaat Silabus

karena kita tahu bahwa silabus merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting tentu memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat dalam pembuatan silabus antara lain :
  • sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran yang lebih lanjut
  • Sebagai awal dari perencanaan pembelajaran
  • Dasar pengelolaan kegiatan pembelajaran
  • Dapat mengembangkan penilaian siswa
  • Dan lain sebagainya
Silabus dapat bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan kegiatan pembelajaran, seperti kegiatan belajar secara individual maupun kelompok dan secara klasikal.

Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman perencanaan pembelajaran lebih lanjut dimulai dari :
  • Perencanaan
  • Pengelolaan kegiatan pembelajaran
  • Pengembangan penilaian

Isi Silabus

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah dan termasuk identitas pada umumnya seperti nama pelajaran dan kelas
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Tema (khusus SD/MI/SLDB/Paket A dll)
  6. Materi pokok :
    • Membuat fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • Prosedur yang relevan
    • Semua ditulis dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  7. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dan pendidik untuk mencapai kompetensi
  8. Penilaian dalam menentukan pencapaian hasil belajar
  9. Alokasi waktu
  10. Sumber belajar yang bisa berupa buku, media cetak dan elektronik

Prinsip Pengembangan Silabus

  1. ilmiah dalam keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadikan muatan silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan oleh keilmuan
  2. Relevan dalam mencakup kedalaman serta tingkat kesukaran dan urutan penyajian sesuai :
    • Tingkat perkembangan
    • Intelektual
    • Sosial
    • Emosional
    • Spiritual peserta didik
  3. Sistematis berdasarkan komponen silabus yang saling berhubungan dalam mencapai kompetensi
  4. Konsisten dengan hubungan antar :
    • Kompetensi dasar
    • Indikator
    • Materi pokok
    • Pengalaman belajar
    • Sumber belajar dan
    • Sistem penilaian
  5. Dalam mengembangkan silabus harus mencakup :
    • Cakupan indikator
    • Materi pokok
    • Pengalaman belajar
    • Sumber belajar
    • Sistem penilaian
  6. Aktual dan kontekstual dalam :
    • Materi pokok
    • Cakupan indikator
    • Pengalaman belajar
    • Sumber belajar
    • Sistem penilaian
    • Teknologi dalam kehidupan nyata
    • Peristiwa yang terjadi
  7. Fleksibel untuk keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi :
    • Keragaman peserta didik
    • Pendidik serta
    • Dinamika perubahan yang terjadi di sekolahan dan masyarakat
  8. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi baik kognitif, afektif dan psikomotor sesuai dengan esensi mata pelajaran

Kesimpulan

Kesimpulan dari penjelasan diatas mengenai silabus secara sederhana adalah sebuah rencana pembelajaran yang sangat mendasar untuk di waktu mendatang. Seorang pendidik harus memiliki silabus agar mencapai kompetensi standar untuk siswanya.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi.  Bandung:Pakar Raya

Contoh RPP Terbaru K13
SERBARENA - pembuatan RPP MTK kelas 7 semester 1 tidaklah mudah mainkan harus mempertimbangkan kompetensi yang ada. saya memberikan contoh RPP MTK kelas 7 semester 1 dengan k13 untuk didownload. Silakan Anda download contoh RPP MTK berubah dokumen sebagai contoh atau dasar pembuatan RPP.

1. Definisi RPP

RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) secara bahasa yang mudah dipahami adalah rancangan pembelajaran di waktu mendatang untuk belajar mengajar. Tanpa adanya RPP semua pembelajaran baik lembaga maupun madrasah tidak akan berjalan dengan sempurna.

Siswa kelas 7 semester 1 tingkat SMP atau MTS membutuhkan pembelajaran dengan rencana yang sangat optimal melalui RPP. Maka dari itu harapan pembuatan RPP dengan mata pelajaran IPS + 7 maka siswa dapat mencapai kompetensi minimal.

Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa RPP adalah rencana kegiatan belajar mengajar dengan satu pertemuan atau lebih dengan tatap muka. Dikembangkan dari silabus dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD)

Perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPS kelas 7 dengan K13 setidaknya terdapat:
  • Tujuan pembelajaran
  • Materi ajar
  • Metode pengajaran
  • Sumber belajar
  • Dan hasil belajar
Mata pelajaran matematika dalam membuat RPP yang berdasarkan silabus. Untuk itu pahami lebih dulu mengenai penjelasan dari MTK berikut.

2. MTK (Matematika) Kelas 7 Semester 1

Pengertian

MTK (Matematika) dalam bahasa Yunani yaitu pengetahuan, pemikiran dan pembelajaran. MTK adalah ilmu yang mempelajari hal-hal berupa pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, struktur, pecahan dan lain sebagainya

Daftar Materi Matematika SMP
  1. Rumus Perpangkatan & Bentuk Akar
  2. Rumus Barisan & Deretan Aritmatika
  3. Rumus Deret Geometri
  4. Perbandingan Bertingkat
  5. Rumus Bangun Tabung
  6. Rumus Bangun Kerucut
  7. Rumus Bangun Bola
  8. Statistika
  9. Mean (Nilai Rata-Rata)
  10. Median (Nilai Tengah)
  11. Modus (Nilai yang sering muncul)
  12. Rumus Peluang
  13. Koordinat Kartesius
  14. Rumus Fungsi Kuadrat

Tujuan Pembelajaran MTK

Pelajaran matematika kelas 7 semester 1 berdasarkan RPP memiliki tujuan antara lain ;
  • agar siswa sanggup menghadapi perubahan pola pikir dalam hidup karena perkembangan hidup selalu berkembang.
  • Agar siswa menggunakan MTK bisa menggunakan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai ilmu pengetahuan
  • Untuk melatih cara berpikir dan bernalar serta menarik kesimpulan.
  • untuk mengembangkan pola pikir yang berkreatif melibatkan imajinasi, instusi dan penemuan.
  • Untuk mengembangkan kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah
  • untuk menyampaikan informasi atau komunikasi melalui lisan, catatan grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasannya

3. Konten RPP MTK Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs K13

  • KI dan KD
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media dan Bahan
  • Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran Remedial
  •  Pengayaan

4. Contoh Format RPP MTK Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: ................................
Kelas/ Semester: ..................................
Tema/ Subtema: ....................................
Alokasi Waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
  • ....................... (KD pada KI-1)
  • ....................... (KD pada KI-2)
  • ....................... (KD pada KI-3)
  • Indikator: .......................
  • ....................... (KD pada KI-4)
  • Indikator: .......................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Pendahulaun (... menit)
  • Kegiatan Inti (... menit)
  • Penutup (... menit)
H. Penilaian
  • Jenis/ Teknis Penilaian
  • Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  • Pedoman Penskoran

5. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP IPS Kelas 7 Semester 1

  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

6. Materi Pembelajaran IPS SMP / MTs Kelas 7 Semester 1

Materi pembelajaran pada IPS MTs Kelas 7 Kurikulum 2013, antara lain:Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  • Bilangan
  • Himpunan
  • Aljabar
  • Persamaan dan pertidaksamaan liner satu variabel

8. Download RPP IPS Kelas 7 doc SMP/MTs Semester 1 K13

RPP Matematika BAB 1 Download
RPP Matematika BAB 2 Download
RPP Matematika BAB 3 Download
RPP Matematika BAB 4 Download

SERBARENA - mengerjakan silabus dengan contoh dari dokumen silabus yang ada ada dapat memudahkan guru untuk menyelesaikan silabus. Kali ini saya berikan contoh silabus IPS kelas 7 dari k13 dokumen yang bisa anda download. manfaatkan silabus yang ada agar bisa mengerjakan silabus prota lebih cepat terutama mapel IPS SD kelas 7 tingkat SMP MTS.

Sebelum download contoh silabus IPS kelas 7 k13 alangkah baiknya pahami dulu beberapa penjelasan mengenai silabus di bawah ini.

1. Pengertian Silabus

Pengertian silabus berdasarkan kunandar tahun 2011 yaitu rencana pembelajaran dengan satu atau kelompok siswa dan mata pelajaran yang mencakup:
  • Kompetensi dasar
  • Kegiatan pembelajaran materi pokok
  • Indikator pencapaian
  • Kompetensi penilaian
  • Apakah sewaktu dan
  • Sumber belajar
Secara sederhana silabus merupakan seperangkat alat untuk merencanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam waktu mendatang.

Misalnya pelajaran PKN (pendidikan kewarganegaraan) untuk kelas 7 tingkat SMP MTS. Seorang guru harus membuat laporan berupa dokumen dengan mapel PKN agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan sempurna.

Setiap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri mewajibkan untuk menugaskan guru membuat laporan tugas berupa silabus dengan format dokumen. Maka dari itu SerbArena memudahkan anda dengan memberikan contoh silabus kelas 7 tingkat SMP dan MTs dengan format doc.


2. Langkah-langkah Pengembangan Menurut Trianto Tahun 2010

  1. Mengkaji standar KI dan KD
  2. Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran yang menunjang pencapaian KD
  3. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian
  4. Menentukan jenis penilaian siswa berdasarkan indikator penggunaan tawas dalam bentuk tertulis
  5. Menentukan alokasi waktu pada setiap KD berdasarkan an hari dan mata pelajaran yang efektif
  6. Menentukan sumber belajar berdasarkan SK dan KD kepada siswa

3. Manfaat Membuat Silabus

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil nilai siswa mapel PKN kelas 7 tingkat SMP MTS, ada manfaat yang harus Anda pahami :
  1. bentuk pedoman dalam mengembangkan RPP lebih lanjut
  2. Sebagai pedoman pembelajaran, pengolahan dan pengembangan sistem penilaian terhadap siswa
  3. Memudahkan proses belajar mengajar dalam waktu tertentu
  4. Memiliki pedoman dengan kompetensi dasar berstandar nasional
  5. Silabus dapat digunakan untuk mengolah rancangan pembelajaran kecil maupun besar
  6. sangat bermanfaat dalam membuat hasil penilaian terhadap siswa dengan kompetensi dasar berdasarkan standar nasional

4. Isi / Konten Silabus IPS

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah dan termasuk identitas pada umumnya seperti nama pelajaran dan kelas
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Tema (khusus SD/MI/SLDB/Paket A dll)
  6. Materi pokok :
    • Membuat fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • Prosedur yang relevan
    • Semua ditulis dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  7. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik dan pendidik untuk mencapai kompetensi
  8. Penilaian dalam menentukan pencapaian hasil belajar
  9. Alokasi waktu
  10. Sumber belajar yang bisa berupa buku, media cetak dan elektronik

5. Kesimpulan

Cara mengerjakan silabus mapel IPS kelas 7 k13 untuk SMP atau MTS menggunakan contoh dokumen yang di sini dapat meringankan beban pekerjaan Anda. Silakan download contohnya silabus IPS kelas 7 di bawah ini.

6. Download Silabus IPS Kelas 7

Download Contoh Silabus PKn Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 1
Download Contoh Silabus PKn Kelas 7 SMP/MTs K13 doc Semester 2

MGID MOBILE

Diberdayakan oleh Blogger.